Home / Kotim

Selasa, 24 Oktober 2017 - 17:39 WIB

Ayo! Dinas PMPTSP Kotim Sebut Aktivitas Galian Tanah PT BSP Illegal

SAMPIT, Kaltengekspre.com – Terkuak sudah aktivitas galian tanah latrit yang dilakukan oleh PT BSP di Desa Patai Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Aktivitas ini ternyata masih illegal. Itu diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Jony Tangkere kepada Kalteng Ekspres.com Selasa (24/10/2017).

Menurut Jony,  aktivitas galian tanah latrit yang dilakukan PT BSP itu selama ini tidak pernah mengantongi izin dari mereka. Apalagi kata dia, sampai disebut pihaknya memperbolehkan melakukan galian tersebut.

“Itu tidak dibenarkan, mana ada kami memperbolehkan mereka melakukan aktivitas penggalian seperti yang mereka sebutkan itu. Selama ini mereka belum memperooleh izin dari kita. Karena memang perizinan galian c ini bukan kewenangan kita. Melainkan sudah kewenangan Provinsi Kalteng,”ujar Jony Tangkere kepada Kalteng Ekspres.com meluruskan klaim PT BSP yang sebelumnya menyebut dinas setempat memperbolehkan aktivitas galian tanah tersebut.

Baca Juga :  Bapenda Usul Prioritas Pembangunan Bagi Kecamatan Tertib Pajak

Menurut Jony, pihaknya selaku dinas setempat hanya sebatas memantau apabila ada pelanggaran dalam perizinan. Dan selama ini, aktivitas itu memang jelas ilegal. Karena itu kata dia, ke depan Pemerintah Daerah (Pemda) Kotim harus menindak lanjutinya.

Sebelumnya aktivitas pengerukan tanah latrit yang di lakukan PT BSP disekitar kawasan  kebunnya di Desa Patai ini terungkap berawal dari laporan masyarakat. Ketika dimintai keterangan Menager Estate PT BSP Eko berdalih, bahwa aktivitas penggalian tanah latrit yang dilakukan mereka itu sebelumnya sudah  berkoordinasi dengan dinas terkait di Kabupaten Kotim.

Baca Juga :  Menimalisir Kesalahan Pilkada 2018, KPU Ajak Masyarakat Sinergi

Oleh dinas terkait menurut mereka, memperbolehkan aktivitas itu dilakukan sepanjang hanya untuk pembuatan jalan selain itu juga berada dikawasan kebun. Namun rupanya, setelah dikonfirmasi ke dinas terkait, pernyataan pihak BSP ini tidak terbukti. Karena telah dibantah secara tegas oleh Dinas PMPTSP Kotim. (MR)

Share :

Baca Juga

Kotim

Program TMMD Juga Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis untuk Masyarakat Desa

Kotim

Ari Susanto Diduga Tewas Setelah Pulang dari Nonbar Final Liga Champion

Kotim

Disabet Sajam Begal, Bahu Wanita Muda Ini Terluka

Kotim

Persit Tanam Pohon Penghijauan di Lokasi TMMD Reguler ke-109

Kotim

Usai Membunuh Bos Sawit, Arbani Kubur Sajam di Belakang Rumahnya

Kotim

Resmi Bertugas, AKP Wiwin Julianto Janji Usut Dua Kasus PR Belum Tuntas

Kotim

Pos Terpadu TMMD Dilengkapi Fasilitas Demi Kenyamanan

Kotim

Ini Tanggapan Positif dengan Adanya TMMD Kodim 1015 Sampit
error: Content is protected !!