Home / Kobar

Rabu, 6 September 2017 - 09:43 WIB

Sikapi Tingginya Harga Gas Elfiji, Pemkab Rakor Dengan Pendistribusi

PANGKALAN BUN, Kaltengekspres com – Menyikapi kelangkaan dan kenaikan harga gas elfiji yang begitu tinggi di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar, mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan kalangan pengusaha pendistribusi, baik setingkat SPBE, Agen dan Pangkalan. Rakor yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kobar ini, dipimpin langsung Wakil Bupati (Wabup) Ahmadi Riansyah, Rabu (6/9).
Ahmadi mengatakan, Rakor ini untuk mencari solusi menyikapi kelangkaan dan kenaikan harga eceran gas elfiji di Kobar ini, khususnya yang ukuran 3 kilogram, yang cukup tinggi. Padahal kata dia, Gubernur Kalteng dan Pemerintah Pusat sudah mengeluarkan surat edaran untuk mengatur harga eceran tertinggi (HET).

Namun fakta dilapangan saat ini lanjut Ahmadi, terjadi kelangkaan dan kelonjakan harga gas elfiji yang cukup tinggi. Sehingga mengakibatkan berdampak pada inflasi di Kobar.

Baca Juga :  Temuan Benda Mirip Badan Pesawat Diselidiki




“Beberapa hari lalu saya juga ikut memantau, harga di tingkat pangkalan, ditemui diatas harga HET. Bahkan banyak dijual di warung bebas harganya mencapai Rp 35-40 ribu. Sementara informasi dari PT Pertamina selaku pihak insportir suplai dan agen di Kobar tidak ada pengurangan jatah suplai gas elfiji di Kobar ini,”ungkap Ahmadi.

Untuk itu lah tambah Ahmadi, perlu ada penanggulangan terkait permasalahan ini. Khusunya menyelidiki penerima gas elfiji 3 kilogram itu, apakah benar-benar masyarakat tidak mampu penghasilan dibawah 2 jt. Atau sebaliknya masyarakat yang mampu masih menikmati dan menggunakan gas elfiji 3 kilogram tersebut.

“Perlu kita jelaskan, HET gas elfiji 3 kilogramnya di Kobar kita tetapkan Rp 18 ribu. Sementara bukti di lapangan, harga jual eceran jauh diatas HET, dan banyak yang kurang tepat sasaran. Ini yang perlu kita tanggulangi,”paparnya saat menyampaikan sambutanta dirapat tersebut Rabu (6/9).

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian,Perdagangan, Koperasi, UMKM, dan Pasar Kabupaten Kobar Jahotler Lumban Gaol mengatakan, rapat ini digelar guna menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait kelangkaan gas elfiji 3 kilogram serta kenaikan harga jualnya. Sehingga nantinya, dihasilkan solusi untuk menyelesaikan permasalahannya. (hm)

Share :

Baca Juga

Kobar

Simpan Sabu, Warga Keturunan Ini Diringkus Polisi

Kobar

Selama Mei, PN Pangkalan Bun Tangani 37 Perkara

Kobar

Polres Kobar Terus Gencar Berantas Kasus Narkoba

Kobar

Diumpan Pesanan, Bandar Sabu Ini Berhasil Dibekuk Polisi

Kobar

Diguyur Hujan, Jalan Pangkalan Bun – Kolam Mulai Tergenang

Kobar

Empat Calon Kades Pasir Panjang Deklarasikan Diri

Kobar

Dua Komplotan Pengedar Sabu Diringkus Polisi

Kobar

Duh! ABG Ini Nekat Seludupkan Sabu ke Dalam Lapas, Dengan Cara di Taruh di BH dan Mulutnya