Home / Metro Palangka Raya

Sabtu, 9 September 2017 - 22:39 WIB

Kebakaran Lahan di Palangka Raya, Nyaris Merambat ke Lapas

PALANGKA RAYA, Kaltengekspres.com – Kebakaran lahan  mulai terjadi di Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Kali ini api melalap lahan kosong yang berada di belakang Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Palangka Raya pada Sabtu (9/9).
Kobaran api ini nyaris saja merambat ke Lapas setempat. Namun beruntung petugas pemadaman kebakaran (Damkar) Palangka Raya cepat turun kelokasi. Sehingga kurang lebih satu jam api berhasil dipadamkan menggunakan waterbooming.

Informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan,  insiden kebakaran tersebut, terjadi sekitar pukul 13.50 Wib. Sumber api belum diketahui asalnya. Karena saat kejadian, api sudah membesar dan melalap lahan kosong di daerah setempat.

“Luas lahan yang terbakar sekitar 2 hakter, dan masih diselidiki penyebab kebakaran itu. Apakah dari masyarakat atau karena ada org yang membersihkan lahan,” ungkap Plt Kepala BPBD Kalteng Darlianj’ah Sabtu (9/9).

Ia menjelaskan, untuk pemadaman tersebut dilakukan oleh tim darat Badan Penanggulan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalteng, dibantu tim udara dengan heli Kamov operasi water booming.

Dikatakan Darlianj’ah, untuk di Kota Palangka Raya, kebakaran hanya terjadi satu titik. Namun untuk di beberapa kabupaten juga ada yang terjadi kebakaran.

“Ada hotspot juga di kabupaten lainnya, kita padamkan dengan water boom juga, karena tidak bisa diakses melalui jalur darat,” ujarnya.

Menurutnya, agar api mudah dipadamkan, saat terjadi kebakaran, pihaknya bersiaga standby 24 jam. Sambil berkoordinasi  dengan tim sapu api cepat dan pihak keamanan untuk menanggulangi kebakaran. Dimbau, masing-masing daerah melalui tokoh ada, tokoh masyarakat dan tokoh agama, harus bisa mensosialisasikan agar masyarakat sadar hukum, tidak boleh membakar lahan. (BA)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Dewan Minta Ketersediaan Bahan Pokok Tetap Lancar

DPRD Kota

Jelang Pilkada, Penerapan Protokol Kesehatan Harus Dimaksimalkan

Metro Palangka Raya

Gubernur Kalteng Pimpin Apel Gelar Pasukan

Metro Palangka Raya

Breaking News! Komplek Puntun Berkobar

DPRD Kota

Pengawasan Penerapan Prokes Harus Diperketat

Metro Palangka Raya

Kapolda Kalteng Perintahkan Tidak Tegas Masyarakat Tak Gunakan Masker 

DPRD Kota

Dewan Dorong Pemko Jalankan Enam Fungsi APBD

Metro Palangka Raya

Tim Macan Kalteng Ringkus Pelaku Curanmor