Home / Budaya/Wisata / Kotim

Selasa, 19 September 2017 - 17:01 WIB

Ini Prosesi Ritual Warga Hindu Kaharingan

SAMPIT, Kaltengekspres.com – Desa Sungai Hanya, Kecamatan Antang Kalang Kabupaten Kotim Kalteng, Minggu (17/9/2017), mendadak ramai. Itu sering dengan diadakannya pesta ritual adat Hindu Kaharingan yang dilaksanakan warga setempat. Ritual adat yang disebut pesta kematian dengan membakar mayat ini, disaksikan puluhan warga setempat.
 “Di terik matahari dan dan panas-panas saya masih bersemangat karna ingin menyaksikan proses pembakaran mayat(ngaben). Karena itu saya rela jalan kaki masuk hutan kurang lebih 3 Km demi ini,”ujar Reski Fuazi seorang bidan yang datang menyaksikan ritual adat tersebut.

Sementara itu menurut warga desa setempat, ritual adat ini merupakan upacara pembakaran mayat, salah satu ritual masyakat penganut agama Hindu Keharingan yang masih dipercaya masyarakat setempat. Ritual itu dilaksanakan setiap ada warga Hindu Karingan yang meninggal.

“Jika ada yang meninggal disini, maka proses ritial langsung dilaksanakan mulai dari proses babukung ,peroses babukung di laksanakan sebelum mayat di hantarkan keperoses pembakaran(ngaben),”ungkap Yondi salah seorang warga desa setempat.

Menurutnya, masyarakat setempat percaya ritual ini adalah peroses menghantarkan arwah menuju surga. Sehingga saat dibakar arwah langsung tenang berada di surga. (Ndi)
Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Semua publikasi berita yang diterbitkan media Kalteng Ekspres.com, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi.
Baca Juga :  Tewaskan Dua Pengendara Motor, Dua Sopir Ditetapkan Tersangka

Share :

Baca Juga

Kotim

Penjual Zenith di Kotim Divonis 5 Tahun Penjara

Kotim

Jiwa Satu Kesatuan Muncul di TMMD Kodim 1015 Sampit

Kotim

Kecamatan Pulau Hanaut Layak Disentuh Tim Satgas TMMD Kodim 1015 Sampit
Tersangka saat diamankan di Mapolsek Ketapang, Rabu (10/11).

Kotim

Simpan 2 Paket Sabu, Rahman Diciduk Polisi

Kotim

Pedagang Pasar Mangkikit Sampaikan Keluhan ke DPRD Kotim

Kotim

Pengedar Sabu Desa Lampuyang Diringkus Polisi

Kotim

Warga Serahkan Bayi Lutung Merah ke BKSDA

Kotim

Masyarakat Diharapkan Ikut Merawat Sasaran Fisik TMMD