Home / Barito

Rabu, 27 September 2017 - 07:53 WIB

Disdukcapil Barut Gencarkan Layanan Jemput Bola

MUARA TEWEH, Kaltengekspres.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah, gencar melakukan pelayanan publik. Mereka tidak ingin melaksanakan pelayanan yang sifatnya rutinitas. Salah satunya, dengan langsung mendatang warga pedalaman atau jemput bola dor to dor guna mempermudah masyarakat, melalui penerapan program penerbitan dokumen kependudukan terintegrasi .

Kepala Disdukcapil Barito Utara Drs Ledianto mengatakan, sesuai intruksi Dirjen Kependudukan Pencatatan sipil Kementerian dalam negeri, perlu adanya inovasi-inovasi dalam rangka percepatan bagaimana pelayanan itu bisa mudah, bisa cepat dan tentunya lebih memuaskan masyarakat dan membahagiakan rakyat.

Untuk itu, bertepat juga dengan pelaksanaan Diklat kepemimpinan salah satu kepala bidang di dinas Dukcapil  yaitu kepala bidang pelayanan pendaftaran penduduk yang melaksanakan Diklatpim III sejak 13 juli sampai dengan 25 Oktober nanti, berkaitan dengan itu akan membuat semacam proyek perubahan peningkatan pelayanan publik melalui penerbitan dokumen kependudukan terintregasi (PDKT) di Disdukcapil dalam rangka penantaan adminitrasi kependudukan di Kabupaten Barut.

Baca Juga :  Tiga Pengedar Sabu Diringkus Polisi Saat Bertransaksi di Barak

“Proyek ini memang bertujuan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dari berbagai kegiatan baik yang sudah atau yang terus dilaksanakan,” kata Ledianto, Selasa (26/9) didampingi kepala bidang pelayanan pendaftaran penduduk Hj Nurhamidah SP.

Menurutnya, kegiatan yang sudah dilaksanakan (jangka pendek) yakni melakukan sosialisasi kepada kepala desa per Kecamatan se-Barut,  lalu pemasangan baliho, pemasangan spanduk dan penerbitan dokumen kependudukan terintegrasi sejak tanggal 4 September 2017. “Sebagai kepala dinas saya sangat mendukung untuk proyek perubahan atau proyek inovasi sebab sesuai dengan yang dikehendaki bapakj Dirjen,” imbuhnya.

Baca Juga :  Keburu Ditangkap Polisi, Warga Buntok Gagal Pesta Sabu

Terintegrasi maksudnya, Dari berbagai  dukumen ketika warga memohon satu dokumen apabila masih terkait dengan dokumen yang lain akan diterbitkan.

Sedangkan, untuk jangka menengah akan dilaksanakan jemput bola PDKT 2018 dan jangka panjang melaksanakan penataan dokumentasi hasil pelayanan penerbitan dokumen kependudukan. “Kami juga akan melaksanakan survey indek kepuasan masyarakat pada awal bulan Oktober nanti,” pungkasnya. (deni)

Share :

Baca Juga

Barito

Warga Ikhlas Tanahnya di Gusur Tanpa Ada Ganti Rugi

Barito

Pos Kotis Dukung Suksesnya TMMD di Bartim

Barito

Sekitar 85 Persen Material Timbunan TMMD Sudah Tersuplai Ke Lapangan

Barito

Terdampak Banjir, Warga Lehai Harapkan Bantuan Pemerintah

Barito

Hindari Motor Berbelok, Truk Dum Seruduk Warung Makan Tepi Jalan

Barito

Satu Tersangka Proyek Multiyears Mangkir Panggilan Jaksa

Barito

Pekerjaan TMMD Akan Lebih Mudah Dengan Tambahan Tendem Roller dan Buldozer

Barito

Jalinan Kekeluargaan Begitu Dekat Atara Satgas TMMD den Warga