Home / Metro Palangka Raya

Kamis, 21 September 2017 - 06:35 WIB

BPBD Palangka Raya Perpanjang Siaga Kebakaran

PALANGKA RAYA, Kaltengekspres.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, akan memperpanjang status siaga bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Palangka Raya dan sekitarnya.
Hal ini diungkapkan Plt Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Supriyanto, baru-baru ini. Menurutnya, pihaknya akan memperpanjang status siaga karhutla. Karena, permasalahan karhutla yang terjadi beberapa tahun silam, bukan karena cuaca kemarau, tetapi prilaku pemilik lahan dan bukan pemilik lahan, yang sengaja membakar lahan.

” Informasi yang kami terima, sampai Desember nanti hujan cukup tinggi. Meski begitu status siaga tidak dicabut, 24 September kan sebentar lagi, jadi kami akan mengusulkan ke Wali Kota untuk memperpanjang status siaga karhutla ini,” paparnya.

Dia menerangkan, untuk menangani karhutla ada tahapannya, yakni status siaga, pra siaga, siaga daurat bencana dan tanggap darurat bencana.

“Kejadian Karhutla di Palangka Raya ini sejak Januari hingga awal September, telah terjadi  21 kejadian kebakaran. Dengan rincian pada Januari nihil kejadian, Februari dan maret ada kejadian. April , Mei dan Juni  nihil kejadian. Sedangkan  Juli, Agustus dan September ada kejadian,”bebernya.

Ditambahkannya, penyebab kebakaran lahan itu paling besar karena masih adanya kebiasaan masyarakat, membuka lahan untuk ditanam, lalu ditinggalkan begitu saja.Itulah yang membuat terjadinya karhutla.  “Belum lama ini aparat keamanan juga telah mengamankan dua pelaku pembakaran,” ucap dia. (BA)

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Pesta Miras, 9 Pengunjung Tempat Karaoke Diciduk

Metro Palangka Raya

Dua Pria Penikmat Obat Oplosan Diciduk Polisi 

DPRD Kota

Dewan Dukung Vaksinasi Ibu Hamil

Metro Palangka Raya

Wali Kota Canangkan Kebun Buah Jadi Kawasan Agrowisata

DPRD Kota

Legislator DPRD Kota Dukung Penerapan Jam Malam

Metro Palangka Raya

Amankan Natal dan Tahun Baru, Polda Kalteng Giat Operasi Lilin

Metro Palangka Raya

Ini Penyebab Kebakaran 3 Rumah Warga Puntun 

Metro Palangka Raya

Di Ikhlaskan Keluarga, Korban Gigitan King Cobra Akhirnya Meninggal Dunia
error: Content is protected !!