Home / Metro Palangka Raya

Kamis, 21 September 2017 - 06:35 WIB

BPBD Palangka Raya Perpanjang Siaga Kebakaran

PALANGKA RAYA, Kaltengekspres.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, akan memperpanjang status siaga bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Palangka Raya dan sekitarnya.
Hal ini diungkapkan Plt Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Supriyanto, baru-baru ini. Menurutnya, pihaknya akan memperpanjang status siaga karhutla. Karena, permasalahan karhutla yang terjadi beberapa tahun silam, bukan karena cuaca kemarau, tetapi prilaku pemilik lahan dan bukan pemilik lahan, yang sengaja membakar lahan.

” Informasi yang kami terima, sampai Desember nanti hujan cukup tinggi. Meski begitu status siaga tidak dicabut, 24 September kan sebentar lagi, jadi kami akan mengusulkan ke Wali Kota untuk memperpanjang status siaga karhutla ini,” paparnya.

Baca Juga :  Dilindas Pikap, Pengendara Motor Tewas Bersimbah Darah
Dia menerangkan, untuk menangani karhutla ada tahapannya, yakni status siaga, pra siaga, siaga daurat bencana dan tanggap darurat bencana.

“Kejadian Karhutla di Palangka Raya ini sejak Januari hingga awal September, telah terjadi  21 kejadian kebakaran. Dengan rincian pada Januari nihil kejadian, Februari dan maret ada kejadian. April , Mei dan Juni  nihil kejadian. Sedangkan  Juli, Agustus dan September ada kejadian,”bebernya.

Ditambahkannya, penyebab kebakaran lahan itu paling besar karena masih adanya kebiasaan masyarakat, membuka lahan untuk ditanam, lalu ditinggalkan begitu saja.Itulah yang membuat terjadinya karhutla.  “Belum lama ini aparat keamanan juga telah mengamankan dua pelaku pembakaran,” ucap dia. (BA)

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Tabrak Trotoar, Remaja Tewas Terkapar Usai Balapan Liar

DPRD Kota

Tujuh Fraksi Setujui Nota Keuangan RAPBD 2020

Metro Palangka Raya

Dilindas Pikap, Pengendara Motor Tewas Bersimbah Darah

Metro Palangka Raya

Seminggu, 6 Pengedar Sabu Diringkus Polda

Metro Palangka Raya

Dua Mobil Adu Kuat, Dua Warga Katingan Tewas Terjepit Kabin Mobil

Metro Palangka Raya

Ditinggal Keluar Kota, Rumah Warga di Jalan Tingang Dibobol Maling

Metro Palangka Raya

Dikira Terkena Virus Corona, Pria Mabuk Tidur Tepi Jalan

Metro Palangka Raya

Awal Maret, RS di Palangka Raya Ini Terima Pasien BPJS Kesehatan