Home / Kobar

Jumat, 15 September 2017 - 20:50 WIB

Astaga!! Tiga Napi Terorisme “Diungsikan” ke Kalteng

PANGKALAN BUN, Kaltengekspres.com – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum dan HAM) RI memindahkan salah seorang Narapidana (Napi), kasus terorisme Bom Sarinah dari Tahanan Markas Brimob Kelapa Dua Jakarta, ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Pangkalan Bun. Napi bernama Budiono alias Bebeh ini, dipindahkan dan menghuni Lapas  setempat sejak Kamis (14/9/2017). 

Kepala Lapas (Kalapas) Klas IIB Pangkalan Bun Arief Gunawan ketika dikonfirmasi Jumat (15/9/2017), membenarkan adanya pemindahan Napi tersebut ke Lapas setempat. Menurut dia, Napi itu dipindahkan untuk memecah jaringan teroris ini.

“Sebelum diberangkatkan kesini. Kita sudah menerima informasi bahwa terpidana terorisme ini akan dipindahkan ke Lapas ini. Saat itu, saya diberitahukan hari itu juga. Posisinya sudah mau berangkat ke sini, (saya) baru ditelepon,” ungkap Arief

Baca Juga :  Ratusan Warga Terawan Tuntut PT BSAP Realisasi Plasma

Arief menjelaskan, peran Budiono dalam kasus bom sarinah itu sebagai pemasok amunis bahan peledak. Teroris berusia 55 tahun itu telah divonis selama 5 tahun, sampai 2021.




Sementara saat dimintai keterangan terkait keberadaan Napi tersebut. Arief menerangkan, yang bersangkutan sudah berada didalam Lapas setempat. Dan mengaku, menyanggupi untuk menaati aturan yang berlaku di Lapas Pangkalan Bun, sejauh tak ada upaya untuk mengubah akidah yang diyakininya.

“Bahkan dia berjanji selama di Lapas sini, bersumpah akan ikuti aturan saya. Kemudian tidak akan berbuat yang tidak-tidak,”papar Arief

Baca Juga :  Peduli Sosial, PT IPP dan TIFC Group Bagikan Ratusan Paket Sembako kepada Warga Desa Bumi Harjo

Sejak kedatangan narapidana kasus terorisme ini, aparat makin bersiaga. Kodim 1014 Pangkalan Bun pun dalam patrolinya menyambangi lapas ini, mulai Kamis (14/9/2017) malam. Belasan prajurit datang dengan membawa senapan. “Ada dua jam-an mereka di sini,” tambah Arief.

Dengan datangnya Budiono, berarti hingga saat ini sudah tiga orang napi kasus terorisme yang dipindahkan penahanannya ke Kalteng.  Karena sebelumnya, seorang napi terorisme jaringan Santoso dan napi kasus bom Sarinah juga telah dipindah ke Lapas Klas IIA Palangka Raya. (BO)

Share :

Baca Juga

Kobar

Lapas Pangkalan Bun Buka Layanan Jemput Bola e-KTP Bagi Warga Binaan

Kobar

Kebakaran Lahan Mulai Terjadi di Kumai

Kobar

Polres Kobar Musnahkan 7,53 Gram Sabu

Kobar

Ambruk..Tembok Bangunan Toko Nyaris Menimpa Pengunjung

Kobar

Ratusan Karyawan PT KPC Divaksinasi Booster

Kobar

Polsek Kumai Bongkar Penjualan Arak Campur Susu

Kobar

Pengerjaan Jalan Pangkalan Banteng-Kumai Seberang Sudah Capai 50 Persen

Kobar

Dua Pekan, UKK Imigrasi Kobar Diserbu Ratusan Pemohon Paspor