Home / Pemprov Kalteng

Kamis, 8 Februari 2024 - 11:18 WIB

Pemprov Kalteng Susun RKPD dan RPJPD 2025

Sejumlah undangan yang hadir dalam rapat RKPD di Aula Bappeda;itbang Kalteng, Kamis (8/2). (Foto : asro)

Sejumlah undangan yang hadir dalam rapat RKPD di Aula Bappeda;itbang Kalteng, Kamis (8/2). (Foto : asro)

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com– Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kalteng menyelenggarakan Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2025 serta Penyelarasan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045, di Aula Bappedalitbang Kalteng, Rabu (7/2/2024).

Rancangan Awal RKPD Provinsi Kalteng Tahun 2025 disusun sebagai upaya mendukung sinergi perencanaan pembangunan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah yang terintegrasi antara perencanaan dan penganggaran, guna mendukung pencapaian sasaran prioritas Provinsi dan pengimplementasian Permendagri Nomor 90 tahun 2019 serta Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 900.1.12.5-1317 Tahun 2023.

Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng Leonard S. Ampung mengatakan, kegiatan ini sebagai langkah sinkronisasi, sinergisitas dan harmonisasi antar sektor dan antar wilayah dalam proses pembangunan sangat diperlukan dalam rangka melayani kepentingan masyarakat dan peningkatan kesejahteraan.

Hal ini harus dimulai dari proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan yang mencakup harmonisasi, sinergisitas dan sinkronisasi antara dokumen perencanaan pembangunan jangka panjang, jangka menengah dan tahunan, serta antar tingkat pemerintahan.

Baca Juga :  Siswa Hilang Tenggelam Ditemukan Tak Bernyawa

“Mengacu pada Visi, Misi dan arah kebijakan pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021-2026 untuk tahun 2025, Tema atau Agenda Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah dalam rancangan awal RKPD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2025 adalah Memantapkan Pembangunan Melalui Pemerataan dan Peningkatan Kualitas Kesejahteraan Masyarakat, Menuju Kalteng Unggul dan Bermartabat,”kata Leonard.

Menurutnya, Pemerintah Prov. Kalteng sedang merajut mimpi masyarakat Prov. Kalteng menjadi Provinsi Tangguh tahun 2045 melalui penyusunan RPJPD tahun 2025-2045. Provinsi Tangguh berakar dari semboyan Mamut Menteng yang berarti Seseorang yang Gagah Berani dan Pantang Menyerah.

“Tema Pembangunan pada Rancangan Awal RPJPD Kalimantan Tengah 2025-2045 untuk masing-masing periode yaitu, periode I 2025-2029 : Bangkit, Periode II 2030-2034 : Melaju, Periode III 2035-2039 : Terarah, dan Periode IV 2040-2045 : Berkelanjutan,” ujarnya.

Baca Juga :  Aksi Pencurian di Toko Sembako Terekam CCTV 

Selanjutnya, Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng juga menyampaikan bahwa sasaran utama visi RPJPD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2025-2045 setelah penyelarasan dengan sasaran visi RPJPN terdiri dari peningkatan pendapatan per kapita, pengentasan kemiskinan dan ketimpangan, peningkatan daya saing sumber daya manusia, kepemimpinan dan kemampuan daerah meningkat, penurunan emisi gas rumah kaca menuju net zero emission.

Pada kesempatan ini, Leonard menyampaikan pentingnya penyusunan RPJPD Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2025-2045 sebagai dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk periode 20 (dua puluh) tahun ke depan. Ia juga menyampaikan kepada Kementerian/Lembaga terkait agar dapat memberikan masukan terhadap rancangan awal RPJPD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2025-2045 melalui konsultasi rancangan awal RPJPD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2025-2045. (asro)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Sekda Kalteng Hadiri Maulid Nabi di IAIN Palangka Raya

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Vaksinasi Booster ASN dan Warga

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Komitmen Selesaikan Kerugian Negara

Pemprov Kalteng

TPID Kalteng Perkuat Sinergi untuk Tekan Inflasi Mei 2023

Pemprov Kalteng

Sekda Ikuti Rakor Penyelesaian Tumpang Tindih Lahan

Metro Palangka Raya

Gubernur Serahkan Alat PCR Bantuan Presiden ke Bupati Kotim

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Intruksikan Kepala Daerah Kendalikan Inflasi

Pemprov Kalteng

Royalti Pertambangan Kalteng Tembus Rp 1,2 Triliun