Home / Lintas Kalimantan / Metro Palangka Raya

Rabu, 6 Desember 2023 - 08:30 WIB

Program TJSL PLN Raih Penghargaan Gold Indonesian CSR Awards

Assistant Manager TJSL PLN UID Kalselteng Andika Dwi Saputra, saat menerima penghargaan Indonesian CSR _Awards (ICA) 2023 untuk program TJSL Angkasa Bersinar, di Java Ballroom The Westin Hotel, Jakarta, Senin (4/12). (Foto : PLN)

Assistant Manager TJSL PLN UID Kalselteng Andika Dwi Saputra, saat menerima penghargaan Indonesian CSR _Awards (ICA) 2023 untuk program TJSL Angkasa Bersinar, di Java Ballroom The Westin Hotel, Jakarta, Senin (4/12). (Foto : PLN)

BANJAR BARU, KaltengEkspres.com – Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah kembali meraih penghargaan. Kali ini, program yang dibesut dengan nama ”Angkasa Bersinar” ini mendapatkan penghargaan di ajang Indonesian CSR Awards (ICA) 2023 dengan mendapatkan kategori penilaian Gold.

ICA 2023 merupakan penghargaan tahunan di bidang Corporate Social Responsibility CSR, yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD). Acara ini digelar untuk menilai dampak, keberhasilan dan keberlanjutan program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada penerima manfaat.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh pihak CFCD dan diterima langsung oleh Assistant Manager TJSL PLN UID Kalselteng Andika Dwi Saputra, di Java Ballroom The Westin Hotel, Jakarta 4 Desember 2023. Keberhasilan Program TJSL Angkasa Bersinar dalam meraih penghargaan ICA Awards ini, menjadi tambahan sederet penghargaan di bidang CSR pada tahun 2023 yang diraih oleh PLN UID Kalselteng.

General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin menyampaikan kebanggaannya, karena sejumlah program TJSL PLN UID Kalselteng telah berhasil meraih penghargaan, salah satunya program Angkasa Bersinar ini.

Baca Juga :  Ribuan KK di Palangka Raya Terdampak Banjir

“Juli 2023 lalu, program TJSL UID Kalselteng sudah meraih 5 penghargaan sekaligus pada gelaran Nusantara CSR Awards yang diselenggarakan oleh The La Tofi School of CSR. Kali ini program Angkasa Bersinar Bank Sampah Sekumpul yang berhasil raih penghargaan ICA Awards 2023,” ujar Joharifin.

Perolehan kategori Gold Awards ini menjadi pemicu semangat kami untuk terus hadir di tengah-tengah masyarakat melalui program TJSL. Tidak hanya untuk memberikan layanan kelistrikan yang andal, namun juga turut memberikan dukungan terhadap upaya pemberdayaan masyarakat dan pencapaian program-program pembangunan daerah, sambung Joharifin.

“Penghargaan ini merupakan bukti komitmen PLN untuk mendukung program Pemerintah dalam implementasi Sustainable Development Goal’s (SDGs) dengan program CSR atau TJSL,” tutur Joharifin.

Joharifin menjelaskan, Angkasa Bersinar yang mengusung pengelolaan sampah secara profesional ini berawal dari kepedulian PLN terhadap Bank Sampah Sekumpul dengan memberikan bantuan sarana, prasana dan perlengkapannya. Kemudian dilanjutkan dengan penguatan sisi Sumber Daya Manusia (SDM) hingga bisa mandiri dan mampu menjadi pendamping pengelola sampah lain di sekitarnya.

Baca Juga :  Mabuk Berat, Pengendara Beat Seruduk Pohon

“Diawali sebuah kepedulian terhadap pengelolaan sampah yang modern dan terpadu oleh Bank Sampah Sekumpul, kemudian kita fasilitasi dengan program TSJL, alhamdulillah sekarang mampu mandiri dan menjadi Bank Sampah percontohan ini di Kalsel,” imbuhnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari pihak penyelenggara, anugerah ICA diikuti beberapa perusahaan BUMN, Swasta dan lembaga pegiat CSR di Indonesia serta perseorangan. Pada tahun ini peserta ICA untuk korporat/institusi terdiri dari 32 perusahaan dan 9 peserta perorangan. Kemudian, yang lolos penilaian uji makalah dan site visit hanya terdapat 4 perusahaan, salah satunya adalah PLN UID Kalselteng.

Sementara itu, Ketua Umum CFCD Ir. Thendri Supriatno, MBA selaku penyelenggara kegiatan mengatakan, penilaian ICA Awards 2023 ini menggunakan Standar Nasional Indonesia (SNI) ISO 26000:2013.

“SNI ISO 26000:2013 ini berisikan panduan tanggung jawab sosial untuk mendukung terwujudnya SDGs Indonesia, sehingga menjadi acuan dalam praktik yang ideal dalam menjalankan program TJSL secara berkelanjutan dan harmonis dengan seluruh pemangku kepentingan,” pungkas Thendri. (adv)

Share :

Baca Juga

Gunung Mas

Tak Terima Ditegur, Pemuda Ini Tega Tusuk Payudara Gadis Berusia 20 Tahun

Metro Palangka Raya

Polisi Ringkus Pengedar 12 Paket Sabu

Metro Palangka Raya

Tergiur Upah Rp 1,8 Juta, Kurir Asal Kotim Ini Nekat Memasok 400 Ribu Butir Pil Zenith

Metro Palangka Raya

Usai Meledak, Rumah Warga Panarung Berkobar

Metro Palangka Raya

Hindari Petugas PSBB, Sopir Travel Suruh Penumpangnya Jalan Kaki

DPRD Kota

Peredaran Rokok Terkesan Tanpa Pengawasan

Metro Palangka Raya

Biar Terlihat Berpengaruh, Dua Pemuda  Ini Nekat Ngaku Anggota Polisi 

Lintas Kalimantan

Polresta Banjarmasin Ungkap Sabu 35,7 Kg dan Ekstasi 30 Ribu Butir