Home / Barito

Rabu, 25 Oktober 2023 - 14:35 WIB

Tiga Pencuri Sarang Walet Bersenpi Dibekuk Polisi

Ketiga pelaku saat diamankan di Mapolres Baritop Utara, Rabu (25/10). (Foto : IST)

Ketiga pelaku saat diamankan di Mapolres Baritop Utara, Rabu (25/10). (Foto : IST)

 MUARA TEWEH, KaltengEkspres.com – Tiga pencuri sarang burung walet tak berkutik saat diringkus anggota Satreskrim Polres Barito Utara di ruas Jalan Negara Km 16, Muara Teweh Desa Malawaken, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara.

Ketiga pelaku berinisial BR alias Ronggeng (36), dan Caca (45) serta Supi (45) hanya bisa pasrah saat digelandang ke Mapolres Barito Utara, Rabu (25/10/2023).

Kapolres Barito Utara AKBP Gede Pasek Muliadnyana melalui Kasat Reskrim AKP Wahyu Satiyo Budiarjo mengatakan, ketiga pelaku ini beraksi dengan menggunakan senjata api, dan sajam.

Ketiganya ditangkap berawal darilaporan warga yang melihat ada dua orang sedang membongkar tembok gedung walet pada malam hari pukul 01.30 WIB. Saat itu  saksi ini diancam para pelaku dengan ditodongkan menggunakan senjata api, sehingga saksi ini takut dan bersembunyi di dalam rumah.

Kemudian, sekira pukul 08.00 WIB saksi menelpon pelapor bahwa telah terjadi tindak pidana pencurian. Menindaklanjuti laporan ini, anggota melakukan penyelidikan dan berhasil meringkus ketiganya.

“Dari keterangan ketiga pelaku mereka telah beraksi membobol sarang burung walet di beberapa TKP gedung walet,”ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa modus ketiga pelaku yaitu datang ke TKP kemudian melakukan pengecekkan jika ada seseorang yang berjaga disekitar bangunan sarang burung walet maka orang tersebut diancam serta ditodongkan dengan menggunakan senapan angin.

“Setelah merasa aman baru para pelaku ini masuk kedalam bangunan sarang walet dengan cara merusak gembok dan pintu utama atau jika tidak bisa maka masuk dengan cara menjebol dinding bangunan sarang walet,”paparnya.

Akibat perbuatannya ini ketiga pelaku dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (di)

Share :

Baca Juga

Barito

Warga Makin Banyak Membantu Satgas TMMD 109

Barito

Dandim 1012/BTK Harapkan Tim Terus Bersemangat

Barito

Duh! Alami Lakakerja Dilokasi Pelatihan,Tubuh Karyawan Bengkel Terbakar

Barito

Karyawan Perusahaan Tambang Cabuli Anak Dibawah Umur

Barito

Bawa Kabur Motor Teman, Jay Menangis Diringkus Polisi

Barito

Kegiatan TMMD 109 Sangat Dirasakan Manfaatnya Oleh Warga

Barito

Seusai Bekerja, Warkop Pak Andi Jadi Tongkrongan Favorit Satgas TMMD

Barito

Anak Durhaka Pembacok Ayah Kandung di Barsel Diringkus Polisi