Home / DPRD Kota

Kamis, 2 Februari 2023 - 14:15 WIB

Usulan Kenaikan BPIH Sebaiknya Dikaji Ulang

Rombongan CJH Kalimantan saat berangkat tahun lalu. (Foto : Taupik)

Rombongan CJH Kalimantan saat berangkat tahun lalu. (Foto : Taupik)

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com -Komisi I DPRD Kota Palangka Raya meminta pemerintah khususnya Kementerian Agama RI agar mengkaji ulang usulan kenaikan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH)  tahun 1444H/2023M.

“Wacana kenaikan BPIH ini menjadi dilema bagi masyarakat. Terutama mereka yang sudah merencanakan untuk menjadi calon jemaah haji. Kenaikan biaya yang diusulkan pemerintah sebaiknya dikaji ulang dengan pertimbangan,” kata Wakil Ketua I Komisi C DPRD Palangka Raya, Ruselita, Kamis (2/2/2023).

Rencana kenaikan BPIH ini lanjut dia, berimbahas dengan uang yang harus dibayarkan calon jemaah pada 2022 dari Rp 39.886.009 menjadi Rp 69.193.733, sesuai dengan yang diusulkan Kementerian Agama (Kemenag) RI.

“Mengacu rincian rencana kenaikan BPIH ini maka artinya, kenaikan dari Rp 39 juta ke Rp 69 juta hampir 77 persen, atau kisaran kenaikan sebesar Rp 30 juta. Kenaikan ini tentu akan membebani masyarakat,”ujarnya.

Hal yang harus dipertimbangkan lagi tambah Ruselita, ekonomi masyarakat saat ini masih sulit atau belum pulih sepenuhnya akibat dari terpaan pandemi covid-19.

Sementara itu, masyarakat yang berniat menjadi calon jemaah haji, tentunya sudah melakukan persiapan dengan menabung puluhan tahun lamanya, serta berharap ketika mendapat giliran berangkat haji. (asro)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Penanganan Pengemis Harus Libatkan Sejumlah Pihak

DPRD Kota

Dewan Dorong ASN Tingkatkan Disiplin 

DPRD Kota

ASN Harus Berikan Pelayanan Prima 

DPRD Kota

Optimalkan BRT Sebagai Transportasi Ramah Lingkungan

DPRD Kota

Adanya Vaksin, Bukan Akhir dari Penerapan Prokes

DPRD Kota

Bentengi Imun, dengan Vaksin Ketiga

DPRD Kota

Dewan Sarankan Pemko Naikan Rasio Belanja Langsung

DPRD Kota

16 Raperda Sepakat Dibahas Tahun Depan