Home / Pemkab Katingan

Rabu, 1 Februari 2023 - 16:09 WIB

Katingan Siap Tanggulangi Karhutla 

Bupati Katingan Sakariyas bersama sejumlah Kepala FKPD saat melakukan simulasi penanggulangan karhutla seusai mengikuti apel kesiapsiagaan penanggulangan karhutla, di Mapolres Katingan, Rabu (1/2). (Foto : Isnaeni)

Bupati Katingan Sakariyas bersama sejumlah Kepala FKPD saat melakukan simulasi penanggulangan karhutla seusai mengikuti apel kesiapsiagaan penanggulangan karhutla, di Mapolres Katingan, Rabu (1/2). (Foto : Isnaeni)

KASONGAN, KaltengEkspres.com– Bupati Katingan Sakariyas memimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhtula), di Lapangan Polres Katingan, Rabu (1/2/2023).

Kegiatan ini turut dihadiri Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana, Dandim 10/15 Katingan Letkol Inf Anggun Wuriyanto, dan Para PJU Polres serta peserta apel yang terdiri dari seluruh personel Polres Katingan, 2 Pleton TNI, 1 Pleton Satpol PP, dan BPBD Katingan.

Dalam sambutannya, Bupati Katingan Sakariyas mengatakan, saat ini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi di tahun 2023 ini, Indonesia akan mengalami El Nino. Fenomena ini menyebabkan kemarau panjang atau mundurnya musim penghujan, indikasi ini mengacu pada 3 tahun berturut-turut terjadinya La Nina di Indonesia.

Baca Juga :  Kerugian Kebakaran Flamboyan Bawah Capai Rp1 Miliar

“Tentunya kondisi seperti ini menyebabkan cuaca di Indonesia menjadi lebih kering dan sangat berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan, maka dari itu perlu disiapkan langkah langkah pencegahan dan pengendalian Karhutla dapat diatasi dengan baik.” kata Sakariyas.

Karena itu lanjut dia, pemerintah daerah bersama TNI dan Polri serta instansi terkait, kemudian perusahaan perkebunan yang ada harus mampu memperdayakan kekuatan personel dan peralatannya sehingga dapat digerakkan pada situasi apapun. Selain itu, mampu memberikan yang terbaik dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Katingan.

Baca Juga :  Satgas Katingan Semprot Cairan Disinfektan

Kegiatan tersebut akan rutin dilaksanakan satuan kewilayahan khususnya oleh TNI Polri melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa kemudian BPBD, Damkar dan masyarakat peduli api.

“Untuk itulah pada hari ini dilaksanakan apel gelar kesiapsiagaan untuk mengantisipasi bahaya kebakaran hutan dan lahan. Marilah kita bersinergi dan bekerjasama mengantisipasi terjadinya bencana di Kabupaten Katingan ini, karena kalau kita kompak dan bersama-sama setiap permasalahan yang akan kita hadapi bisa terselesaikan, semoga Kabupaten Katingan aman dan tidak terjadi hal hal yang tidak kita inginkan,” pungkasnya. (Isnaeni)

Share :

Baca Juga

Pemkab Katingan

Pemkab Katingan Gelar Forum Pembauran Kebangsaan

Pemkab Katingan

Kader Teknik Diharapkan Terlibat dalam Proses Perencanaan Pembangunan

Pemkab Katingan

Pj Bupati Katingan Terima Kunjungan Kemenperin RI

Pemkab Katingan

Bupati Katingan Buka Festival Budaya PHS Tahun 2022

Katingan

Dewan Awasi Penggunaan Dana Penanganan Covid-19

Pemkab Katingan

Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika tak Bisa Dilakukan Sendiri-sendiri

Pemkab Katingan

Wabup Kunjungi RSUD MA Kasongan

Pemkab Katingan

Tahun Ini, Infrastruktur Kecamatan Mulai Digenjot