Home / Nasional

Kamis, 26 Januari 2023 - 13:22 WIB

Indonesia-Arab Perkuat Kerjasama Perdagangan

Mendag RI Zulkifli Hasan saat memberikan keterangan kepada awak media, di Jakarta. (Foto : Setkab RI)

Mendag RI Zulkifli Hasan saat memberikan keterangan kepada awak media, di Jakarta. (Foto : Setkab RI)

JAKARTA, KaltengEkspres.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia Zulkifli Hasan menyebutkan,  Indonesia dan Arab Saudi memiliki peluang besar untuk meningkatkan hubungan perdagangan. Peningkatan peluang ini dilihat dari struktur komoditas perdagangan kedua negara.

“Arab Saudi merupakan negara tujuan ekspor produk nonmigas Indonesia ke-24. Dari struktur komoditas perdagangan kedua negara, masih terdapat banyak peluang untuk meningkatkan dan mempererat hubungan perdagangan ke depannya,” kata Zulkifli melalui keterangan resminya di Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Zulkifli menjelaskan, di tengah krisis global yang tengah terjadi penting bagi negara-negara di dunia, termasuk para pelaku bisnis Indonesia dan Arab Saudi agar lebih mempererat kerja sama dan kolaborasi.

Produk ekspor utama Indonesia untuk Arab Saudi di antaranya kendaraan bermotor, minyak sawit dan turunannya, ikan, produk kertas, arang kayu, dan plywood. Sementara itu, produk utama Indonesia yang diimpor dari Arab Saudi antara lain ethylene glycol, sulphur, polypropylene, polyethylene, dan besi.

Baca Juga :  PLN Gandeng Prancis Bangun Kerjasama Pembangkit Hidrogen

Zulkifli meyakini adanya kesamaan pandangan kedua negara untuk saling bekerja sama guna meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kehadirannya bersama perwakilan dari perusahaan-perusahaan Indonesia dalam acara Forum Bisnis Indonesia-Arab Saudi yang berlangsung 21-23 Januari 2023 di Arab Saudi menjafi komitmen untuk dapat menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dan berkelanjutan.

Indonesia telah mendapatkan dukungan dari Kerajaan Saudi Arabia untuk kerja sama Indonesia dengan negara- negara dalam Gulf Cooperation Council (GCC) guna memperluas akses pasar dan meningkatkan daya saing kedua negara.

Baca Juga :  PLN  Terus Dorong Pemanfaatan FABA PLTU

“Untuk itu Indonesia juga membutuhkan dukungan dari para pelaku usaha Arab Saudi agar proses tersebut berjalan lancar sampai dengan tahap penandatanganan kesepakatan Indonesia-GCC CEPA,” ujar Zulkifli.

Zulkifli berkomitmen memperdalam partisipasi Indonesia dalam rantai nilai global, serta berupaya untuk mengembangkan volume perdagangan yang bernilai tambah tinggi untuk meningkatkan produktivitas perekonomian.

Saat ini Indonesia sudah membuka jalan yang disebut “toll way” untuk mempermudah akses pasar Indonesia di luar negeri, yang diimplementasikannya perjanjian dagang antara Indonesia dengan Australia, Chile, Korea Selatan, Negara-negara EFTA, bahkan dengan salah satu negara GCC yaitu Uni Emirat.

“Saya mengundang para pelaku usaha Arab Saudi untuk juga memanfaatkan posisi Indonesia tersebut dengan bermitra dengan pelaku usaha Indonesia,”tandasnya. (taupik)

Share :

Baca Juga

Nasional

Polri Gagas Pelat Nomor Kendaraan Dipasang Chip

Nasional

Giliran Garut Diguncang Gempa 6,4 Magnitudo

Nasional

Rizal Ramli: Konflik Agraria Takkan Terjadi Jika Pemerintah Peduli Terhadap Rakyat

Metro Palangka Raya

Menteri BUMN Tetapkan Jajaran Komisaris Baru PLN

Nasional

Pelantun Ajakan Jihad Saat Azan Diciduk Polisi

Nasional

KPK Bidik Dugaan Korupsi di BPKH

Nasional

Dirut Jasa Raharja Hadiri Rakor Penyelenggara Angkutan Lebaran

Nasional

Membanggakan, BPJS Kesehatan Bawa JKN-KIS ke Panggung Internasional