Home / Pemkab Murung Raya

Rabu, 6 Juli 2022 - 14:38 WIB

Perdie : Harus Serius Tanggulangi Stunting 

Bupati Mura Perdie M Yoseph.

Bupati Mura Perdie M Yoseph.

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Berdasarkan studi status gizi indonesia (SSGI) tahun 2021, Kabupaten Murung Raya (Mura) prevalensi balita stunting berada pada urutan ke-4 tertinggi di Kalimantan Tengah yaitu sebesar 31,8 persen.

Sementara, berdasarkan hasil pendataan keluarga tahun 2021 keluarga beresiko stunting di Kabupaten Murung Raya juga sangat tinggi.

Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak yang harus dilakukan dan memerlukan perhatian semua pihak, untuk lebih fokus dan serius dalam rangka mencapai target nasional yang ditentukan sebesar 14 persen pada tahun 2024.

Bupati Mura Perdie M Yoseph mengatakan, di era globalisasi saat ini, berbagai tantangan yang dihadapi oleh keluarga sangatlah besar, mulai dari bergesernya nilai dan norma serta berubahnya tata cara pola asuh anak dan balita, remaja sampai usia dewasa.

Baca Juga :  BPBD Mura Ingatkan Warga Waspada Cuaca Ekstrim

Salah satu tantangan yang dihadapi dalam dunia tumbuh kembang anak-anak pada masa ini adalah terjadinya stunting.

“Akibat kekurangan gizi di seribu hari pertama kehidupan anak. Stunting merupakan isu strategis dan menjadi salah satu skala prioritas di Indonesia, khususnya juga di Kabupaten Murung Raya,” kata Perdie, Rabu (6/7/2022)

Menurutnya, dalam upaya pencegahan dan penurunan angka stunting sangat diperlukan penangan secara holistik dan terintegrasi dari seluruh pihak, baik oleh pemerintah, pihak swasta maupun instansi dan lembaga masyarakat untuk bersama-sama berkolaborasi.

Baca Juga :  Hadiri Pelantikan Pengurus DPD KNPI, Ini Pesan Bupati Mura

Karena keluarga merupakan suatu wadah serta fondasi dasar bagi terbentuknya dan terciptanya sumber daya manusia yang sehat jasmani dan rohani dalam rangka membangun bangsa yang sehat dan sejahtera.

“Hal ini selaras dengan Program pembangunan kesejahteraan keluarga yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tujuan pembangunan Nasional dan tentunya bersinergi dengan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Murung Raya,” tandasnya.  (id)

Share :

Baca Juga

Pemkab Murung Raya

Kontingen FBIM Mura Diharapkan Dulang Prestasi

Pemkab Murung Raya

Bersama Disdikbud Mura, Adaro Gelar Bimtek Untuk Tenaga Pendidik

Pemkab Murung Raya

Dinkes Mura Rapid Test ASN dan Pegawai Kontrak

Pemkab Murung Raya

Pelaksanaan Senam Berencana Mura Raih Rekor MURI

Pemkab Murung Raya

Lynda Kristian Raih Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Nasional 

Pemkab Murung Raya

Bupati Mura Terima Kunker Dandim 1013 Muara Teweh 

Pemkab Murung Raya

Bupati Berharap Apapun Hasil Pemilu, Masyarakat Tetap Jaga Persatuan

Pemkab Murung Raya

Pj Bupati Mura Buka Pelatihan Pencarian, Pertolongan, dan Evakuasi Korban Bencana