Home / Daerah / DPRD Seruyan

Rabu, 25 Mei 2022 - 00:54 WIB

Minta Pemdes Perbanyak Program Pemberdayaan Masyarakat Desa

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo.

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo.

KUALA PAMBUANG, KaltengEkspres.com – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada seluruh pemerintah desa (pemdes) yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan untuk memperbanyak program pemberdayaan masyarakat desa.

“Kita berharap pemdes itu bisa meningkatkan program yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat di desanya masing-masing. Karena itu sangat penting,” kata Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo, Rabu (25/5/2022).

Diungkapkannya, program pemberdayaan masyarakat mempungai peranan sangat besar dalam rangka meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat desa. Tujuan program pemberdayaan masyarakat desa adalah mempercepat penanggulangan kemiskinan melalui pengembangan ekonomi masyarakat.

“Banyak hal yang bisa dilakukan oleh pihak desa terkait dengan program pemberdayaan ini. Misalnya membentuk atau memfasilitasi kelompok-kelompok usaha kecil milik masyarakat di desa tersebut. Dilakukan pengelolaan dan pembinaan agar bagaimana sektor usaha mereka bisa berkembang,” ujarnya.

Baca Juga :  Rumdin dan Ruang Kelas Perlu Dibenahi

Selain itu, program dukungan kepada sektor-sektor usaha masyarakat lainnya seperti perkebunan, pertanian atau perikanan dalam skala kecil juga bisa dilakukan. Entah itu melalui bantuan bibit dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Debat Publik Putaran Pertama Paslon Disaksikan Ratusan Simpatisan

“Intinya itu banyak yang bisa dilakukan. Makanya saya harap pemdes bisa memperbanyak program tersebut sebagai salah satu upaya dalam mendukung program ekonomi kerakyatan. Karena memang orientasi utamanya adalah pada peningkatan ekonomi masyarakat itu tadi,” jelasnya.(dri/*)

Share :

Baca Juga

Barito

Polres Bartim Musnahkan Satu Ons Lebih Barbuk Sabu Dari Empat Tersangka 

DPRD Provinsi Kalteng

Masyarakat Mendawai Seberang Harapkan Pembangunan Jembatan Gantung

Katingan

Simpan 7 Gram Sabu, IRT di Katingan Ini Diringkus

Daerah

Kapolda Kalteng Kunjungi Katingan, Cek Kesiapan Siaga Karhutla 

Kobar

Disnakertran Kalteng Latih 15 Orang Operator Alat Berat

Barito

Pengedar Sabu Barsel Digaruk Polisi

Kobar

Tiga Komplotan Pencuri Besi Teralis Pasar Indrasari Dibekuk Polisi

Kotim

Jalan Trans Putus, Polisi Infokan Jalur Pintas Sementara