Home / Lintas Kalimantan / Metro Palangka Raya

Kamis, 21 April 2022 - 16:19 WIB

Jelang Idul Fitri, PLN Siagakan 2.078 Personel

Unsur pimpinan dan staf serta petugas lapangan PLN saat foto bersama seusai apel siaga, Rabu (20/4/2022).

Unsur pimpinan dan staf serta petugas lapangan PLN saat foto bersama seusai apel siaga, Rabu (20/4/2022).

Untuk Jaga Pasokan Listrik Andal Lebaran 

BANJARMASIN, KaltengEkspres.com  – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng) lakukan gelar apel siaga Idul Fitri 1443H pada Rabu, (20/04/2022). Apel siaga ini untuk memastikan pasokan listrik andal jelang Idul Fitri 1443 H di Provinsi Kalimantan Selatan dan Provinsi Kalimantan Tengah agar tetap aman dan berkualitas.

General Manager PLN UIW Kalselteng Tonny Bellamy memimpin langsung apel siaga dan gelar peralatan yang diikuti oleh ribuan personil PLN secara teleconference tersebar di Wilayah Kerja PLN UIW Kalselteng. Siaga kelistrikan ini bertujuan untuk memastikan pasokan listrik tetap aman sehingga masyarakat tetap nyaman dan aman jelang idul fitri 1443H.

General Manager PLN UIW Kalselteng Tonny Bellamy saat memimpin langsung apel siaga, Rabu (20/4/2022). 

“PLN terjunkan 2.078 petugas Pelayanan Teknik (Yantek) tersebar di 37 posko yang akan siaga 24 jam untuk memastikan listrik terkendali. PLN ingin memastikan seluruh pelanggan dapat menikmati momen kebersamaan idul fitri dengan keluarga dengan listrik yg aman dan andal,” kata Tonny.

Tak hanya itu, kesiap siagaan ini didukung dengan ketersediaan Genset sebanyak 38 unit, Unit Gardu Bergerak (UGB) sejumlah 4 unit, Uninterruptible Power Supply (UPS) sebanyak 4 unit. Untuk mempercepat mobilitas petugas, PLN mengerahkan sebanyak 103 unit armada roda dua, 174 unit armada roda 4, dan crane sebanyak 7 unit.

Baca Juga :  Cek Lahan Food Estate, Menteri PUPR RI Kunjungi Kalteng

Labih lanjut Tonny menjelaskan, bahwa dari sisi pasokan kelistrikan Kalsel dan Kalteng sangat andal karena sudah interkoneksi dengan sistem besar. “Saat ini, total daya mampu pembangkit Sistem Barito – Mahakam sebesar 1.790 Mega Watt (MW) dengan total beban puncak diperkirakan sebesar 1.285 MW pada malam perayaan Idul Fitri. Sehingga cadangan daya mampu sebesar 505 MW,” ujar Tonny.

Dengan personell yang kompeten, kesediaan peralatan dan material, sistem kelistrikan andal, serta SOP yang mendukung, PLN optimis dengan kondisi kelistrikan Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah pada rangkaian perayaan Idul Fitri 1443H berjalan aman.

Dari sisi pelayanan, agar pelanggan dapat merasakan kecepatan layanan pengaduan atau keluhan PLN menerapkan sistem Yantek Optimization yang terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile. Fasilitas ini akan memudahkan pelanggan mendapat layanan perbaikan ketika mengalami gangguan listrik dengan cepat, andal, akurat, efektif dan efisien.

“Masa siaga kami tetapkan mulai tanggal 1 April 2022 hingga 10 Mei 2022 untuk itu pemeliharaan rutin sudah kami hentikan, kami hanya fokus melakukan upaya corrective maintenance saja. Jadi jika ada padam listrik saat ini, itu bukan karena adanya pemeliharaan, murni karena gangguan dan pelanggan bisa langsung menyampaikan ke aplikasi PLN Mobile,” ungkapnya.

Baca Juga :  PLN Launching ALMA Pertama di Kalsel 

Selain itu Tonny menambahkan PLN juga mendirikan posko mudik PLN yang tersebar di 23 titik lokasi jalur mudik Kalsel dan Kalteng.

“Tujuan diadakannya posko tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian PLN kepada masyarakat, khususnya yang melewati jalur mudik Kalsel – Kalteng. Yang menarik dari posko ini para pemudik yang ingin beristirahat dapat melakukan charge ponsel secara gratis, selain itu PLN juga menyediakan meja, kursi serta makanan ringan gratis”, ungkap Tonny

Tonny optimis, PLN dapat terus berkomitmen agar pasokan listrik menjelang perayaan Idul Fitri 1443H dapat terus terjaga dengan baik, agar aktivitas dan ibadah masyarakat di hari lebaran nanti dalam keadaan khidmat, nyaman dan hangat bersama keluarga. (adv)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggungjawab kaltengekspres.com.

Share :

Baca Juga

Hukum Kriminal

Residivis Kambuhan Diterkam Macan Kalteng

DPRD Kota

DPRD Kota Palangka Raya Terima Penghargaan dari Kapolda

Metro Palangka Raya

Tragis, Bocah Terseret Arus Sungai Ditemukan Tak Bernyawa

Metro Palangka Raya

Dipicu Ledakan Kompor Gas, Rumah Permanen Terbakar

Metro Palangka Raya

Di Lokasi Bocah SMP Tenggelam, Pernah Muncul Seekor Buaya

Metro Palangka Raya

Komplotan Pencuri Kotak Amal Ditangkap Warga, Dua Diantaranya Masih Bocah SD

Metro Palangka Raya

Terjebak dalam Perjudian,  Ibu Rumah Tangga dan Kakek Ditangkap Polisi

DPRD Kota

Dua Anggota DPRD Palangka Raya Berikan Bantuan