Home / DPRD Kotim

Selasa, 18 Januari 2022 - 22:31 WIB

Aktifkan BUMD untuk Tingkatkan PAD

Anggota DPRD Kotim Juliansyah.

Anggota DPRD Kotim Juliansyah.

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Kotim Juliansyah menekankan agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) segera diaktifkan untuk menggarap usaha di daerah. Karena menurutnya, peluang PAD Kotim akan bertambah sangat besar jika BUMD ini diaktifkan dan diisi kalangan profesional.

“Kita sudah ada BUMD tapi sampai hari ini progresnya masih belum diketahui. Kami dari DPRD mendorong untuk segera dibentuk personalianya untuk menggarap sektor-sektor yang masih berpeluang untuk digarap oleh BUMD,”kata Juliansyah Selasa (18/1/2022)

Baca Juga :  DPRD Kotim Sampaikan Hasil Rapat Kompilasi RAPBD Perubahan 2022

Ada beberapa usaha yang masig berpeluang digarap diantaranya urusan kepelabuhanan, sektor usaha perkebunan, pabrik kelapa sawit dan lain sebagainya.

“Ini sektor yang isinya uang besar semua kalau digarap. Kalau kita hanya kejar PAD dari sektor yang ada saat ini maka kenaikan PAD kita masih seperti sebelumnya, “ungkapnya.

Menurut Juliansyah, PAD Kotim saat ini masih mampu ditingkatkan lagi.  Terlebih lagi dengan menggeliatnya usaha disektor perkebunan.

Baca Juga :  Sekwan Bantah Isu Anggaran Besar Bagi TV Kabel

“Salah satu yang terus didorong yakni pemerintah daerah memiliki usaha pabrik kelapa sawit. Dengan adanya pabrik kelapa sawit itu akan menampung hasil perkebunan masyarakat,”ujarnya.

Kendati demikian, Juliansyah mengakui untuk.pembangunan pabrik memang menelan biaya besar. Namun hal itu tidak akan sia-sia jika nantinya pabrik itu sudah operasional. Disatu sisi masyarakat diuntungkan dan dilain sisi pabrik juga yang dikelola pemerintah diuntungkan sehingga bisa menyumbangkan pendapatan bagi daerah setiap tahun anggaranya. (Ry)

Share :

Baca Juga

DPRD Kotim

Sudah Saatnya Kotim Miliki Rumah Sakit Ibu dan Anak

DPRD Kotim

Penyaluran Pupuk Bersubsidi Perlu Diawasi

DPRD Kotim

Dewan Sayangkan Pelayaran DLU Stop Beroperasi

DPRD Kotim

DPRD Kotim Sepakati Raperda Penetapan Desa dan Perangkat Daerah

DPRD Kotim

Porsi Anggaran untuk Daerah Pelosok Perlu Ditingkatkan

DPRD Kotim

Pemkab Kotim Diminta Serius Atasi Banjir Dadakan

DPRD Kotim

Pasca Banjir, Sejumlah Jalan di Kotim Rusak Parah 

DPRD Kotim

40 Anggota DPRD Kotim Reses Dapil Masing-masing