Home / DPRD Kotim

Selasa, 18 Januari 2022 - 22:31 WIB

Aktifkan BUMD untuk Tingkatkan PAD

Anggota DPRD Kotim Juliansyah.

Anggota DPRD Kotim Juliansyah.

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Kotim Juliansyah menekankan agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) segera diaktifkan untuk menggarap usaha di daerah. Karena menurutnya, peluang PAD Kotim akan bertambah sangat besar jika BUMD ini diaktifkan dan diisi kalangan profesional.

“Kita sudah ada BUMD tapi sampai hari ini progresnya masih belum diketahui. Kami dari DPRD mendorong untuk segera dibentuk personalianya untuk menggarap sektor-sektor yang masih berpeluang untuk digarap oleh BUMD,”kata Juliansyah Selasa (18/1/2022)

Baca Juga :  DPRD Kotim RDP Bahas Pemberian Izin Ritel Modern

Ada beberapa usaha yang masig berpeluang digarap diantaranya urusan kepelabuhanan, sektor usaha perkebunan, pabrik kelapa sawit dan lain sebagainya.

“Ini sektor yang isinya uang besar semua kalau digarap. Kalau kita hanya kejar PAD dari sektor yang ada saat ini maka kenaikan PAD kita masih seperti sebelumnya, “ungkapnya.

Menurut Juliansyah, PAD Kotim saat ini masih mampu ditingkatkan lagi.  Terlebih lagi dengan menggeliatnya usaha disektor perkebunan.

Baca Juga :  Sengketa Lahan Jangan Dianggap Sepele

“Salah satu yang terus didorong yakni pemerintah daerah memiliki usaha pabrik kelapa sawit. Dengan adanya pabrik kelapa sawit itu akan menampung hasil perkebunan masyarakat,”ujarnya.

Kendati demikian, Juliansyah mengakui untuk.pembangunan pabrik memang menelan biaya besar. Namun hal itu tidak akan sia-sia jika nantinya pabrik itu sudah operasional. Disatu sisi masyarakat diuntungkan dan dilain sisi pabrik juga yang dikelola pemerintah diuntungkan sehingga bisa menyumbangkan pendapatan bagi daerah setiap tahun anggaranya. (Ry)

Share :

Baca Juga

DPRD Kotim

Harus Tegas Atasi Sengketa Warga Tumbang Tilap dan PT BAT 

DPRD Kotim

Optimalisasi Pelayanan Publik, Pemkab Kotim Diminta Petakan Sebaran Guru dan Tenaga Kesehatan

DPRD Kotim

Ini Komposisi Hasil Rapat Kompilasi RAPBD Perubahan Kotim Tahun Anggaran 2022

DPRD Kotim

DPRD Berharap PWI Bersinergi Bangun Kotim

DPRD Kotim

Dewan Sepakati Raperda Pengembangan Produk Lokal

DPRD Kotim

Antisipasi PMK, Kesehatan Hewan Kurban Perlu Diperiksa

DPRD Kotim

Antisipasi Kemarau, Dewan Sarankan Pemkab Kotim Buat Sumur Bor 

DPRD Kotim

Dewan Pertanyakan Komitmen Penertiban ODOL