Home / Pemprov Kalteng

Senin, 8 November 2021 - 21:44 WIB

Wagub Ikuti Rapat Paripurna Secara Virtual

Wagub Kalteng H Edy Pratowo saat mengikuti rapat paripurna dewan secara virtual, Senin (8/11).

Wagub Kalteng H Edy Pratowo saat mengikuti rapat paripurna dewan secara virtual, Senin (8/11).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo mengikuti Rapat Paripurna ke-8 Masa Persidangan III Tahun 2021 DPRD Provinsi Kalteng secara virtual dari ruang Rapat Wagub Kalteng.

Rapat dengan agenda  mendengarkan pidato pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kalteng tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalteng Tahun Anggaran 2022 ini, dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD H Abdul Razak, Senin (08/11/2021).

Wagub Kalteng Edy Pratowo saat membacakan Pidato Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengatakan,  rancangan APBD Tahun Anggaran 2022, secara riil tetap mengedepankan niat Pemprov Kalteng untuk mewujudkan sinergitas dalam upaya memulihkan dan meningkatkan ekonomi nasional dan daerah.

Selain itu, untuk memenuhi kehendak masyarakat dalam melakukan perubahan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah, yang diselaraskan dengan prinsip keadilan dan kehati-hatian, serta lebih fokus kepada pembangunan bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan pembangunan bidang ekonomi secara luas.

“Fokus pembangunan infrastruktur pada periode Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran ini melanjutkan kembali proyek strategis multi years, yang meliputi pembangunan beberapa ruas jalan di Kabupaten/Kota se-Kalteng. Perkiraan biaya sekitar Rp. 2,1 triliun, melalui skema pembayaran bertahap dimulai dari tahun anggaran 2022 dan diperkirakan akan selesai bersamaan dengan akhir masa jabatan kami, paling lambat pada Tahun 2024,”ungkap Edy dalam sambutannya.

Sedangkan pada bidang kesehatan, fokus utama dari penganggaran belanja APBD adalah sebagian besar untuk penanganan pandemi Covid-19 dan juga proses penerapan protokol kesehatan, yang selaras dengan kebijakan PPKM Pemerintah Pusat, serta penuntasan program vaksinasi untuk masyarakat umum dan tenaga medis.

Baca Juga :  Pemprov Kalteng Siapkan Bantuan Untuk Mahasiswa Terdampak Covid-19

Selanjutnya, pada Bidang Sosial Ekonomi, Pemerintah Prov. Kalteng aktif mendorong pelaku usaha dan juga masyarakat yang terdampak langsung dari pandemi Covid-19, dengan bantuan usaha permodalan maupun bantuan hibah yang bisa membantu percepatan pemulihan ekonomi di wilayah Prov. Kalteng.

Baca Juga :  Gubernur Kalteng Tinjau Korban Kebakaran Puntun

“Terkait dengan kebijakan pengeluaran pembiayaan daerah untuk tahun anggaran 2022, Pemprov. Kalteng berkomitmen akan terus memberikan dukungan penuh terhadap perkembangan perusahaan daerah, yaitu dengan tetap memberikan dukungan dana penyertaan modal, salah satunya kepada Bank Kalteng dalam rangka memenuhi ketentuan Peraturan OJK Nomor 12/POJK.03/2021, untuk penguatan modal yang dianggarkan sampai dengan tahun 2024, dengan total anggaran sebesar Rp. 523 miliar,”ujarnya.

Yang mana lanjut dia, pada tahap kedua Tahun Anggaran 2022 untuk penyertaan modal Bank Kalteng dianggarkan sebesar Rp.130,6 miliar. Kemudian berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 910/3037/Polpum, tentang Dukungan Anggaran Pilkada dan Pemilu Tahun 2024, bahwa dalam rangka penyediaan dana secara bertahap untuk Pemilu serentak Tahun 2024, maka mulai anggaran 2022-2024 akan dianggarkan pembentukan dana cadangan dalam rangka Pilkada pada komponen Pembiayaan Daerah, yaitu sebesar Rp. 150 miliar setiap tahunnya selama 3 tahun. (as/hm)

 

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Gelar Diskusi Bersama P3MD

Pemprov Kalteng

Kerjasama Media dengan Pemda Disesuaikan Karakteristik Daerah

Pemprov Kalteng

Sekda Kalteng Pimpin Rapat Persiapan Kunjungan Mendagri

Pemprov Kalteng

Ratusan Warga Serbu Pasar Penyeimbang Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng

Gubernur Minta Pelaku Pembakar Lahan Ditindak Tegas

Pemprov Kalteng

40 Orang Lagi Terpapar Covid-19 di Kalteng

Pemprov Kalteng

Kalteng Tiga Besar Nasional Sektor Transportasi Umum

Pemkab Pulang Pisau

Pulang Pisau Jadi Lokasi Pembangunan RMU dan RTR