Home / Pemkab Pulang Pisau / Pemprov Kalteng

Rabu, 3 April 2024 - 12:31 WIB

Pulang Pisau Jadi Lokasi Pembangunan RMU dan RTR

Wagub Kalteng Edy Pratowo dan Dirjen Kementan RI saat meletakan batu pertama pembangunan RMU, Rabu (3/4). (Foto : istimewa)

Wagub Kalteng Edy Pratowo dan Dirjen Kementan RI saat meletakan batu pertama pembangunan RMU, Rabu (3/4). (Foto : istimewa)

PULANG PISAU, KaltengEkspres.com– Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo bersama Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI) Andi Nur Alamsyah meletakan Batu Pertama Pembangunan Rice Milling Unit dan Rice to Rice di Desa Pantik, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (3/4/2024).

Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Andi Nur Alam Syah mengatakan, menghadapi situasi cuaca iklim yang terus berubah, dalam tiga bulan masa tugasnya Menteri Pertanian sudah melakukan beberapa strategi diantaranya pompanisasi pada lahan tadah hujan sekitar 1 juta hektare di berbagai wilayah salah satunya di Kalteng yang sudah berjalan.

Optimalisasi lahan 400 ribu hektare di seluruh wilayah seluruh Indonesia lanjut dia, dimana 81 ribu hektare ada di Kalteng dan program Tumpang Sisip (Tusip) yakni penanaman padi gogo pada lahan-lahan perkebunan baik di lahan sawit maupun kelapa.
Andi Nur Alam Syah mengapresiasi Peletakan Batu Pertama di Desa Pantik saat ini.

“Ini luar biasa, memberi semangat kepada para petani kita. Jadi, Provinsi Kalimantan Tengah nantinya akan mengkonsumsi beras medium hingga premium. Tentu akan ada peningkatan kesejahteraan pada para petani kita yang hari ini ikut membantu kita untuk melakukan banyak hal terkait program-program Kementerian yang dilakukan bersama para petani,”ujarnya.

Baca Juga :  Ketua TP-PKK Kalteng Sebut Perkemahan Wirakarya Diikuti 1.200 Peserta

Sementara itu, Wakil Gubernur H. Edy Pratowo menyampaikan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional, berbagai upaya terus dilakukan pemerintah, khususnya di kawasan Food Estate sentra pengembangan padi, seperti Kecamatan Pandih Batu ini. Metode pertanian modern diterapkan mulai dari proses budi daya, panen, pasca panen, pengolahan, hingga produk siap dijual. Dukungan sarana dan prasarana seperti alat pertanian, infrastruktur, perbankan, dan penunjang lainnya telah disiapkan pemerintah.

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Gubernur Sampaikan 5 Program Prioritas Kesehatan

Pemprov Kalteng

Mendagri Pantau Persiapan Pilkada 2020 di Kalteng

Pemkab Pulang Pisau

Bupati Berharap P3K Berikan Dedikasi dan Pengabdian Maksimal

Pemprov Kalteng

OKKP-D Kalteng Patenkan Produk Pangan dengan Sertifikasi

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Bakal Bangun Laboratorium BSL 2

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Peringati Isra Miraj

Pemprov Kalteng

Dua Bulan, Sudah 112 Warga Kalteng Terpapar Covid-19

Pemprov Kalteng

Pemda se-Kalteng Diminta Genjot Sektor Perindag