Home / Pemkab Kobar

Selasa, 2 November 2021 - 18:45 WIB

Bupati Panen Raya Budidaya Sayuran di Kelurahan Sidorejo

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat panen raya sayuran di Kelurahan Sidorejo, Selasa (2/11).

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat panen raya sayuran di Kelurahan Sidorejo, Selasa (2/11).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Hj. Nurhidayah melakukan panen raya hasil budidaya sayur milik Kelompok Wanita Tani (KWT) Mandiri Bersatu di Kelurahan Sidorejo, Selasa (2/11/2021).

Kegiatan panen raya ini diawali dengan ritual penyambutan secara adat yakni, Merumpak Kutamara oleh Lurah Sidorejo, Ramadhana Sahida, bersama dengan Ketua Sanggar Bakuba Mendawai, Rahmat Agus Hermawan.

Usai melakukan penyambutan itu, selanjutnya Bupati Nurhidayah bersama Anggota DPR RI Komisi IV Bambang Purwanto yang diwakili oleh Desmala Santi, diajak untuk mengikuti rangkaian kegiatan panen sayur.

Ada berbagai jenis tanaman sayur yang dikembangkan oleh ibu-ibu KWT setempat, diantaranya selada, seledri, tomat, kangkung, terong, sawi manis, dan kacang panjang.

Baca Juga :  Bupati Resmikan Pasar Rakyat Kumpai Batu Atas

Selain itu, ada pula panen ikan patin yang dibudidayakan di dalam bioflok.

Menyikapi panen raya ini, Nurhidayah mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh KWT Mandiri Bersatu maupun Kelurahan Sidorejo dalam pengembangan tanaman pangan, terutama saat pandemi COVID-19.

“Ini patut kita apresiasi dan bisa menjadi contoh bagi yang lain bagaimana peran serta dan keterlibatan ibu-ibu dalam membantu perekonomian rumah tangga. Apalagi situasi pandemi seperti sekarang, sektor pangan sangat dibutuhkan,” ungkap Bupati Nurhidayah.

Disamping itu, kata bupati, budidaya tanaman pangan sangat menjanjikan untuk dikembangkan secara luas, dalam upaya menjaga ketahanan pangan di Kobar.

Baca Juga :  Pemkab Kobar Gelar Rakor Evaluasi Penanggulangan Karhutla

“Kelompok wanita tani ini sudah punya kas. Tentu ini sangat menjanjikan kalo dikembangkan lebih besar lagi. Pemerintah daerah sangat mendukung,” terangnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Lurah Sidorejo, Ramadhana Sahida menambahkan, bahwa program ini merupakan pekarangan pangan lestari (P2L) yang merupakan program pemerintah pusat melalui aspirasi DPR RI.

Selain itu, pihaknya juga mendapat pendampingan dari penyuluh lapangan DKP Kobar dan Dinas Perikanan Kobar.

“Terima kasih buat ibu Bupati Nurhidayah dan bu Desmala Santi Bambang Purwanto yang berkenan hadir dalam acara ini, semoga yang kami kembangkan bisa bermanfaat bagi masyarakat,”tandasnya. (lh)

Share :

Baca Juga

Pemkab Kobar

Pj Bupati Apresiasi Raihan Top BUMD Award Perumdam Tirta Arut 

Pemkab Kobar

Pemkab Kobar Komitmen Percepat Serapan Anggaran

Pemkab Kobar

BNPB Sebut Wilayah Kobar Rawan Terjadi Dua Bencana

Pemkab Kobar

Desa Pangkalan Satu Jadi Percontohan Pembuatan Perdes 

Pemkab Kobar

Melalui Fun Run Pererat Hubungan dengan Masyarakat 

Pemkab Kobar

Pemkab Kobar Bentuk Tim Forum CSR Bagi Perusahaan

Pemkab Kobar

BPBD Kobar Peringati Hari KBN

Kobar

Ruang Isolasi RSSI Penuh Pasien Covid-19