Home / Kobar

Sabtu, 21 November 2020 - 15:25 WIB

Dinkes Kobar Gelar Orientasi Krida Bagi Kelompok Saka Husada

Kadinkes Kobar Achmad Rois saat menyampaikan sambutannya ketika membuka kegiatan orientasi krida Sabtu (21/11)

Kadinkes Kobar Achmad Rois saat menyampaikan sambutannya ketika membuka kegiatan orientasi krida Sabtu (21/11)

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar orientasi krida bagi kelompok Saka Baki Husada tingkat Kabupaten Kobar, di Aula Dinkes Kobar, Sabtu (21/11/2020). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinkes Kobar Achmad Rois.

Achmad Rois mengatakan, salah satu visi dan misi kegiatan ini untuk membangun kesehatan yaitu meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap peserta agar terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya sebagai investasi bagi pembangunan sumberdaya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.

“Perlu diketahui, bahwa Saka Bakti Husada adalah satu dari delapan Saka lainnya yang ada di Gerakan Pramuka Indonesia yang merupakan wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan,”ungkapnya.

Baca Juga :  Dua Perwira Polres Kobar Mutasi

Satuan Karya Pramuka (Saka) ini lanjut dia, diperuntukkan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega atau para pemuda usia antara 16-25 tahun dengan syarat khusus. Setiap Satuan Karya memiliki beberapa krida, yang masing-masing mengkhususkan pada sub bidang ilmu tertentu.

Setiap Krida memiliki Syarat Kecakapan Khusus untuk memperoleh Tanda Kecakapan Khusus Kelompok Kesatuan Karyaan yang dapat diperoleh Pramuka yang bergabung dengan Krida tertentu di Saka tersebut.

Baca Juga :  Dihantam Innova, Pengendara Motor Masuk IGD RSUD Imanuddin

Sementara tujuan kegiatan ini tambah dia, untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkungannya.

“Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini mencakup ada 6 krida-krida dalam Saka Bakti Husada, meliputi, Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Penanggulangan Penyakit, Krida Bina Gizi, Krida Bina Obat, Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),”ujarnya. (hm)

 

Share :

Baca Juga

Kobar

RSSI Pangkalan Bun Masih Rawat 3 Orang PDP

Kobar

Bupati Kobar Serahkan Bantuan Hibah Alsintan 

Kobar

Kabut Asap Mulai Mengganggu Penerbangan di Bandara Iskandar

Kobar

Dua Maling Televisi Tumbang Didor Polisi

Kobar

Tangkapan Nelayan Melimpah, Daya Beli Turun

Kobar

Direndam Banjir, Dua Desa di Aruta Terisolir 

Kobar

Mobil Yaris Penyebab Laka Tunggal Truk Ditilang Polantas

Kobar

Selama Pandemi Covid-19, Stok Darah di PMI Kobar Berkurang
error: Content is protected !!