Home / Pemkab Katingan

Jumat, 11 September 2020 - 20:53 WIB

Kabupaten Katingan di Kepung Banjir, Ratusan Rumah Terendam

Banjir saat merendam rumah warga Kamis (10/9).

Banjir saat merendam rumah warga Kamis (10/9).

KASONGAN, KaltengEkspres.com– Kabupaten Katingan saat ini sedang siaga banjir. Pasalnya, sejumlah kecamatan sudah direndam banjir dengan ketinggian berpariasi.  Berdasarkan data dari alat pantau di Dermaga UPTD LLASDP Ujung Hurung ketinggian air naik mencapai 4,5 meter dari debit ar permukaan sungai.

“Kondisi saat ini siaga banjir, untuk beberapa lokasi yang memang daerah rendah disiagakan personel untuk pemantauan dan hal lainnya jika diperlukan. ” kata Kalaksa BPBD Katingan Eka Suryadilaga kepada KaltengEkspres.com, Jumat (11/9/2020) melalui via What App.

Menurut dia, pantauan pihak BPBD Katingan, terdampak cukup parah di Kecamatan Pulau Malan yang terdiri 11 desa yang mana sebelumnya terjadi banjir mengakibatkan terendamnya rumah masyarakat. Saat ini debit air di kecamatan tersebut sudah berangsur surut.

Baca Juga :  Dispenda Katingan Optimis Target PAD Tercapai

Yakni dari sebelumnya sekitar 200 rumah lebih tergenang luapan air sungai katingan dengan ketinggian air -+ 1 M malam ini sudah turun sekitar 30 sampai 60 cm dari permukaan tanah.

Sementara di Kecamatan Katingan Tengah, terdiri 2 desa dan 1 kelurahan yang mana sebelumnya terjadi banjir yang mengakibatkan terendamnya rumah masyarakat sebagai berikut,

Debit air di kecamatan ini sudah berangsur surut. Untuk debit air yang mana sebelumnya sekitar 484 rumah 3 unit rumah ibadah dan 2 unit sekolah tergenang luapan air sungai katingan dengan ketinggian air -+ 5 s/d 8 cm malam ini sudah turun.

Sementara di Kecamatan Tewang Sanggalang Garing sebagai berikut, menenggelamkan 254 rumah dan Jalan Raya Desa Tumbamg Manyangen, Teluk buah sepanjang 500 meter air mgenangi dengan ke tinggian air 20 – 70 cm.

Baca Juga :  Bantuan Hibah Tidak Boleh Tumpang Tindih 

Sedangkan di Kecamatan Katingan Hilir diantaranya di Kelurahan Kasongan Lama, ada 37 rumah tenggelam dan di Kelurahan Kasongan Baru terdapat 71 rumah.

“BPBD secara kedinasan, selain kegiatan rutin melayani masyarakat yang terdampak banjir khususnya membantu kelancaran arus manusia dan barang BPBD mempersiapkan tim khusus penanganan banjir dan pengaktifan posko banjir.”ujarnya.

Sementara Bupati Katingan Sakariyas disela perjalanan kegiatan pelantikan BPD di Kecamatan Pulau Malan dan Kecamatan Sanaman Mantikei juga ikut memantau perkembangan banjir dan memberikan arahan agar penanganan banjir dapat terpadu dan fokus sehingga masyarakat dapat terlayani dengan maksimal.(MI)

Share :

Baca Juga

Pemkab Katingan

Pemkab Katingan Peringati Hari Pahlawan

Pemkab Katingan

Operator DTKS Perlu Ditunjang Insentif dari TAPD

Pemkab Katingan

Tahun Ini, RTH DR Tahap 2 Kembali Dibangun

Pemkab Katingan

Sekda Katingan Buka Rapat Penerimaan PAD

Pemkab Katingan

Sakariyas Lantik Dua Pejabat Tinggi Pratama 

Katingan

Kabupaten Katingan Masih Zona Hijau Covid-19

Pemkab Katingan

Katingan Fokus Rapid Tes Daerah Kontak Erat

Pemkab Katingan

Kamipang Kembangkan Destinasi Wisata Lomba Ketinting