Home / DPRD Kota

Selasa, 1 September 2020 - 22:17 WIB

ASN Palangka Raya Diminta Tidak Poliandri

Wakil Ketua DPRD Kota Palangka Raya Wahid Yusuf

Wakil Ketua DPRD Kota Palangka Raya Wahid Yusuf

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com –Adanya statement dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumol, terkait ada salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia yang melakukan pelanggaran, yakni Poliandri atau memiliki suami lebih dari satu, mendapat tanggapan dari Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya, Wahid Yusuf.

Dirinya mengaku terkejut sekaligus prihatin mendengar adanya fenomena pelanggaran baru oleh ASN. Dirinya berharap, hal tersebut juga tidak terjadi di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya

Baca Juga :  Tiga Calon Unsur Pimpinan DPRD Kota Ditetapkan

“Kami harap ASN khususnya lingkup Pemko Palangka Raya tidak melakukan hal yang demikian. Namun jika masih kedapatan ASN melakukan praktik poliandri, kami minta agar diberi sanksi sesuai aturan berlaku,” kata Wahid Yusuf, Rabu (1/9/2020).

Wahid mengatakan, berdasarkan aturan yang ada, ASN tidak boleh melakukan poligami ataupun poliandri. Ketentuan ini telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan.

Selain itu, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 10 tahun 1983 tentang Izin Perkawinan dan Perceraian Bagi Pegawai Negeri Sipil serta PP Nomor 45 tahun 1990 juga merujuk pada UU Perkawinan.

Baca Juga :  Perlu Keseriusan Tanggulangi HIV/AIDS

Untuk itudirinya berharap, agar ASN lingkup Pemkot Palangka Raya dapat menaati aturan-aturan yang telah ditetapkan, serta dapat menjaga kedisiplinan dan taat kepada kode etik.

“ASN memiliki aturan tersendiri dalam bekerja. Maka dari itu peraturan tersebut harus ditaati dan dijalankan sehingga mereka tidak terkena sanksi disiplin,” pungkasnya. (Ra)

 

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Cegah DBD, Dewan Kota Minta Masyarakat Giat Bersih Lingkungan

DPRD Kota

Wacana Pembelajaran Tatap Muka Perlu Kajian Mendalam

DPRD Kota

Dewan Ingatkan Pemkot Benahi Penetaan Aset

DPRD Kota

Dewan Ajak Masyarakat Gaungkan Olahraga

DPRD Kota

Semua Sekolah Diharapkan Bisa Melaksanakan UNBK

DPRD Kota

DPRD Kota Nilai Promosi Wisata Kota Palangka Raya Masih Kurang

DPRD Kota

Musrenbang Diharapkan Serap Usulan Skala Prioritas

DPRD Kota

Pemko dan Dewan Sahkan RAPBD 2023, Defisit Rp 27,2 Miliar