Home / Barito

Kamis, 6 Agustus 2020 - 21:51 WIB

Mantap! Pemdes Janggi Gelar Rembuk Stunting Desa

Buntok,KaltengEkspres.com – Pada awal bulan Agustus 2020 Desa Janggi Kecamatan Karau Kuala Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menggelar rembuk stunting dikantor Desa Janggi Kamis (6/8/2020).

Rembuk stunting merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2021, juga menjadi amanat Pemerintah Pusat dan Kabupaten terhadap pemerintah desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa tahun 2021 untuk pencegahan dan penanganan stunting.

“Pelaksana dari rembuk stunting desa yaitu Kader Pembangunan Manusia (KPM). Adapun dalam prosesnya melibatkan Kepala Desa, Kasi Kesejahteraan (Kesra), BPD, Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Karau Kuala , perwakilan kader Posyandu desa, kader PAUD, Karang Taruna, serta Camat Karau Kuala turut hadir dalam rembuk stunting ini sebagai peninjau,”Kata Fadli kepada awak media usai kegiatan.

Ia juga menjelaskan, berdasarkan keterangan perwakilan pendamping Lokal desa pada acara tersebut, bahwa rembuk stunting bersifat Wajib dilaksanakan dan diinstruksikan langsung dari pemerintah pusat berdasarkan regulasi

“Permasalahan stunting menjadi prioritas pemerintah dikarenakan masalah ini memengaruhi kualitas SDM yakni terhambatnya tumbuh kembang anak, dan lain-lain. Oleh sebab itu, program ini harus dilaksanakan secara konvergen atau terpusat, terpadu, terkoordinasi oleh berbagai lintas sektor,” ujarnya

Baca Juga :  Dibakar Cemburu, Seorang Suami di Buntok Tega Aniaya Istri Hingga Babak Belur

Masih dikatakan Kades Janggi, mengingat urgensi persoalan stunting ini, maka diwajibkan Bagi Desa menuangkan dalam RKP Desa dan APBDes untuk memastikan adanya program penanganan dan pencegahan stunting.

“Langkah ini diambil dengan harapan dapat membangun kapasitas dan komitmen pemerintah desa dalam merencanakan, mengimplementasikan, memantau, dan mengevaluasi intervensi yang terpusat guna mengurangi angka gagal tumbuh anak,”

“Hal ini menjadi penting sebab pencegahan dan penanganan stunting menjadi salah komitmen pencapaian pemerintah dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/SDGs 2030. partisipasi aktif kelompok perempuan berhasil mengusulkan lima layanan dasar yakni pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), konseling gizi terpadu, penyediaan sanitasi dan air bersih, perlindungan sosial, dan layanan PAUD yang berkualitas,”

Fadli juga menjelaskan, lima layanan dasar yang diusulkan tersebut diturunkan kembali menjadi program-program yang lebih terperinci, dimana beberapa program yang diusulkan di antaranya penambahan frekuensi Pemberian Makanan Tambahan (PMT), penambahan fasilitas untuk Posyandu, penyediaan air bersih, jambanisasi, dan sebagainya. Dokumen usulan tersebut nantinya akan dibawa dan diajukan dalam musyawarah desa (Musdes) oleh KPM.

Baca Juga :  Waduh! Edar 14 Paket Sabu Tukang Bangunan Diringkus Polisi

“Dalam rembuk stunting juga melibatkan Pengurus Rumah Desa Sehat (RDS). Rumah Desa Sehat akan menjadi sekretariat bersama bagi para pegiat pemberdayaan dan pelaku pembangunan desa di bidang kesehatan seperti Posyandu, bidan desa, perawat desa, PAUD, PKK, karang taruna, dan pemerhati kesehatan,”

RDS juga difungsikan sebagai ruang literasi kesehatan, pusat penyebaran informasi kesehatan, dan forum advokasi kebijakan di bidang kesehatan termasuk terkait pencegahan stunting.

“Struktur kepengurusan RDS melibatkan unsur pemerintah desa, lembaga desa, dan pegiat desa seperti PKK, PAUD, Karang Taruna, KPMD, dan Posyandu, dengan harapan fungsi dan peran RDS dapat dimaksimalkan oleh pemerintah desa dan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting di Desa Janggi,” tandasnya. (rif).

Share :

Baca Juga

Barito

Disiplin Kerja dan Semangat Satgas TMMD Jadi Contoh Masyarakat

Barito

Dandim 1012/BTK Berterimakasih Atas Dukungan Warga Untuk TMMD

Barito

Giat Operasi Keselamatan Polres Barsel Tilang 97 Pengendara, 501 Teguran

Barito

Dandim1012/BTK  Minta Agar Kegiatan TMMD Dapat Terkoordinasi Dengan Baik

Barito

Jual Sabu di Mura, Pemuda Teweh Diringkus Polisi 

Barito

Dipicu Pertengkaran, Seorang Kakek Tewas Dibacok

Barito

Dandim Dorong Warga Kembangkan Kerajinan Lokal

Barito

Faktor Alam Jadi Kendala Utama Pembangunan Fisik Program TMMD