Home / Metro Palangka Raya

Rabu, 22 Juli 2020 - 12:57 WIB

KPU Kota Palangka Raya Gelar Rakor Pemutakhiran Data Pemilih

Ketua KPU Kota, Ngismatul Choiriyah pada saat membuka Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih, di Hotel Neo Palangka Raya, Rabu (22/7/2020). Foto : Ra

Ketua KPU Kota, Ngismatul Choiriyah pada saat membuka Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih, di Hotel Neo Palangka Raya, Rabu (22/7/2020). Foto : Ra

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – KPU Kota Palangka Raya menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Data Pemilih, bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Dinas Kesehatan, Kesbangpol, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), di Hotel Neo Kota Palangka Raya, Rabu (22/7/2020) pagi

Ketua KPU Kota Palangka Raya Ngismatul Choiriyah menjelaskan, rapat tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih. Pasalnya hingga saat ini, masih terdapat masyarakat yang belum mengerti terkait pelaksanaan pencoklitan.

“Rakor dilakukan untuk pemahaman persepsi yang sama dalam hal pelaksanaan pencoklitan. Karena pernah ada yang nanya, kok saya tidak masuk di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Itu bukan DPT, itu data awal untuk masuk ke Daftar Pemilih Sementara (DPS). Jadi nanti setelah dicoklit baru masuk DPS, dan ke tahap selanjutnya hingga ke tahap DPT,” kata Ngismatul Choiriyah usai melaksanakan Rakor.

Baca Juga :  Sembilan Pemain Judi Dagur Ditangkap Polisi

Lebih lanjut dijelaskan, hingga saat ini dalam pelaksanaan pencoklitan, masih ditemukan adanya data ganda. Seperti data pemilih yang tertukar, sehingga perlu dilakukan perubahan data di TPS.

“Ada, banyak. Memang tidak sampai beberapa persen, artinya ada beberapa TPS atau PPDP yang melaporkan ke kami bahwa ketukar, misalnya dia seharusnya ada di TPS A, tetapi namanya munculnya di TPS B. Karena memang ini adalah penyandingan antara DP4 dengan DPT 2019. Kalau menggunakan DPT murni 2019, itu tidak usah dilakukan pencoklitan. Hanya nanti pencoklitannya kalau menggunakan DPT murni 2019, itu hanya mencari yang data ganda, meninggal, dan sebagainya,” ucapnya.

Baca Juga :  Masyarakat Diminta Bersabar Tunggu Hasil Akhir Perhitungan Suara

Ngismatul Choiriyah berharap, proses pencoklitan yang telah mulai sejak 15 Juli hingga 13 Agustus 2020 mendatang, dapat berjalan dengan lancar serta tidak terjadi lagi kendala di lapangan. Sehingga seluruh masyarakat dapat terdata dan menggunakan hak pilihnya untuk memilih pemimpin daerah sesuai hati nurani masing-masing masyarakat. (Ra)

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Terlibat Tawuran, 16 Mahasiswa Diciduk Polisi

Metro Palangka Raya

Polda Kalteng Kirim Bantuan Kemanusian Bagi Korban Gempa NTB

Metro Palangka Raya

Duel Dua Pria Hebohkan Warga Palangka Raya

Metro Palangka Raya

Istirahat di Wisma, Motor CBR Raib Digondol Maling

Metro Palangka Raya

Pasutri Tewas Usai Terjatuh dan Tertabrak Pikap Grand Max 

DPRD Kota

Komisi A Dukung Program Disdukcapil Kota Palangka Raya

Metro Palangka Raya

Nafsu Melihat CD, Anak Tiri Berusia 3 Tahun Digagahi

Metro Palangka Raya

Hasil Rapid Test Massal Gratis di Bundaran Besar, 9 Orang Reaktif
error: Content is protected !!