Home / Metro Palangka Raya / Pemprov Kalteng

Kamis, 9 Juli 2020 - 13:42 WIB

KPU Kalteng Siap Mencoklit Data Pemilih 15 Juli-13 Agustus 2020

KPU Kalteng melakukan sosialisasi tahapan Pencocokan data Pemilih (Coklit) yang akan dilaksanakan pada 15 Juli - 13 Agustus 2020. Foto : IST

KPU Kalteng melakukan sosialisasi tahapan Pencocokan data Pemilih (Coklit) yang akan dilaksanakan pada 15 Juli - 13 Agustus 2020. Foto : IST

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Menghadapi Pilkada serentak tahun 2020, KPU kalteng kembali mengadakan sosialisasi Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih. Dalam kegiatan ini mengundang media baik cetak, elektronik maupun media online bertempat di aula Rumah Pintar Pemilu KPU Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020).

Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim mengatakan, bahwa setiap pelaksanaan tahapan Pilkada harus tetap memperhatikan protokol kesehatan penanganan Covid-19, yaitu wajib menggunakan masker, pengukuran suhu tubuh serta menjaga jarak.

“Dalam waktu dekat yaitu tanggal 15 Juli sampai 13 Agustus 2020 KPU  Kalimantan Tengah akan melaksanakan tahapan pemutakhiran data pemilih melalui Pencocokan dan Penelitian (Coklit),” kata Harmain.

Baca Juga :  Polisi Sita Bahan Peledak dan Buku Jihad dari Terduga Teroris, Nyaris Palangka Raya Dibom

Dijelaskan, petugas Coklit ini adalah petugas yang berbasis RT. Artinya petugas tersebut berasal dari wilayah RT yang bersangkutan, sehingga ia sudah mengenal warga di RT tersebut.

Petugas Coklit yang sudah dilengkapi dengan APD standar (masker, face shield, hand sanitizer, sarung tangan) akan datang ke rumah warga untuk mendata dan mendaftar warga, sehingga nantinya setiap warga masyarakat dapat masuk dalam Daftar Pemilih Tetap. Bagi warga masyarakat yang datanya sudah dilakukan pemutakhiran maka di depan rumah akan diberi tanda berupa stiker.

Baca Juga :  Kunjungi Sukamara, Gubernur Silaturahmi dengan Warga

“Kami meminta warga masyarakat dapat berpartisipasi menerima para petugas PPDP ini dan jangan kuatir karena petugas yang datang sudah dinyatakan sehat karena sudah melalui rapid tes dan mendapatkan hasil non reaktif serta dipastikan akan menggunakan alat pelindung diri seperti masker, sarung tangan, face shield dan masyarakat hanya diminta untuk menyiapkan KTP-el dan Kartu Keluarga,” ujar Harmain.

Selain ketua KPU Kalimantan Tengah Harmain Ibrohim, turut hadir dalam sosialisasi ini komisioner KPU Kalimantan Tengah Divisi  Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Eko Wahyu Sulistiobudi  serta Kabag HTH, Samsul Anam. (*hs)

Share :

Baca Juga

Hukum Kriminal

Kerugian Kebakaran Kompleks Puntun Mencapai Rp500 Juta

Metro Palangka Raya

Pria Gelandangan Ditemukan Tewas di Belakang Masjid

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Gelar Pasar Murah di 4 Titik di Mura

Metro Palangka Raya

Terseret Arus Sungai, Mahasiswa UGM Hilang Tenggelam

Metro Palangka Raya

Mendag Sidak Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Besar

Metro Palangka Raya

Curi Sepeda Motor, Pelaku Curanmor dan Penadah Dibekuk Polisi

Metro Palangka Raya

Berantas Narkoba, Polisi Tes Urine Pengunjung THM

Metro Palangka Raya

Meresahkan Warga, Pria Gangguan Jiwa Ditangkap Polisi