Home / Kobar

Selasa, 21 Juli 2020 - 21:05 WIB

Bakar Lahan, Petani dan Karyawan Perusahaan Ditangkap Polisi

Kedua pelaku saat diamankan di Mapolsek Aruta, Selasa (21/7).

Kedua pelaku saat diamankan di Mapolsek Aruta, Selasa (21/7).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Dua orang pria berinisial TT (58) warga Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara (Aruta) dan PT (30) warga Kelurahan Pangkut hanya bisa pasrah saat diamankan anggota Polsek Aruta. Keduanya ditangkap karena melakukan pembakaran lahan di Desa Kerabu, Selasa (21/7/2020).

Kapolsek Aruta Ipda Rahis Fadillah mengatakan, pelaku TT tertangkap tangan pada saat anggota bersama tim Satgas Karhutla Kecamatan Aruta melaksanakan pemadaman kebakaran lahan di lokasi tersebut.

Baca Juga :  Korsleting Listrik, Butik di Jalan Pangeran Antasari Nyaris Terbakar

“Pelaku beserta barang bukti langsung kami amankan kemudian dibawa ke Polsek Aruta untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dan saat ditanya pelaku mengatakan sengaja membakar lahan tersebut,” ungkap Rahis.

Dari keterangan pelaku TT ini, terungkap bahwa ia sengaja membakar lahan karena diupah oleh pemilik lahan tersebut untuk membakar lahan seluas 5 hektar dengan imbalan sebesar Rp 2,5 juta per hektar. Berbekal keterangan pelaku ini, anggota kemudian bergerak cepat meringkus PT (30) di kediamannya di Kelurahan Pangkut Kecamatan Aruta.

Baca Juga :  Insentif Guru Honor Kobar Cair Tepat Waktu

“Pelaku TT melakukan penebangan hutan sejak pertengahan bulan puasa dan baru 2 hari ini melakukan pembakaran lahan dikarenakan cuaca yang mendukung. Luas yang sudah terbakar sebesar 4 Hektar dan sudah berhasil kami padamkan,” ujar Kapolsek.

Akibat ulahnya, kedua pelaku dikenakan Pasal 187 ayat 1 KUHP dan atau Pasal 25 ayat (1) Pergub Kalteng Nomor 5 tahun 2003, tentang pengendalian hutan dan lahan. (wir)

Share :

Baca Juga

Kobar

Ketua DPRD Kobar Ajak Generasi Muda Gemar Membaca

Kobar

Dua Hari, 36 Pelanggar Lalin Ditindak 

Kobar

17 IKM Kobar Terima Sertifikat Halal Dari Disperindagkop dan UMKM Kobar

Kobar

Di TMMD, Personel Kodim Beri Wawasan Kebangsaan Masyarakat Aruta

Kobar

Curi Sepeda Motor, Remaja Kubu Diringkus Polisi

Kobar

Bawa Kayu Ilegal, Dua Truk Diamankan Polisi 

Hukum Kriminal

Satlantas Polres Kobar Kawal Truk Pengangkut Sembako

Kobar

Fraksi PDIP Dorong Pemecatan ASN Yang Melakukan Pelanggaran Disiplin dan Poligami di Kobar