Home / Metro Palangka Raya

Senin, 11 Mei 2020 - 22:20 WIB

Keberadaan Klaster Gowa Masih Mengancam Warga Kalteng

net

net

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kalteng, Suyuti Syamsul menyebutkan saat ini di Kalimantan Tengah ada 6 klaster penularan Covid-19. Enam Klaster tersebut antara lain Klaster Bogor, Sukabumi, GPIB, Gowa, Perusahaan di Mura, dan klaster baru yakni Temboro.

“Dari 6 klaster ini, semuanya sudah berhasil kita lacak secara epidomologis yang masih belum selesai saat ini klaster Gowa, karena kasus ini sendiri bisa dibilang cukup unik lantaran harus didekati dengan cara yang berbeda dan itu menyebabkan rentetannya cukup panjang,” ujar Suyuti.

Lebih lanjut Suyuti mengatakan, untuk penanganan klaster Gowa diperlukan pendekatan khusus, selain jumlahnya yang memang terbilang cukup besar. Menurut Suyuti kasus Gowa masih belum rampung hingga saat ini karena kurangnya disiplin, berbeda dengan klaster GPIB yang bisa diputus dengan cepat.

Baca Juga :  Sepeda Motor Warga Kelurahan Menteng Dibakar OTKĀ 

Klaster Sukabumi saat ini dinyatakan sudah putus, begitu pula dengan klaster GPIB lantaran sudah melewati jangka waktu masa inkubasi dan tidak ada penularan hingga saat ini dari kasus GPIB.

“Teman-teman di kabupaten sudah mengambil langkah yang cukup efektif, misalnya mengumpulkan klaster kemudian melakukan rapidtest masal, ada pula yang mengambil kebijakan lain dalam rangka mempercepat pemetaan dan memutus klaster,” jelas Suyuti.

Baca Juga :  Bawa Obat Terlarang, Dua Pemuda Diciduk Tim RaimasĀ 

Sementara untuk klaster baru yaitu klaster Temboro, saat ini juga sudah dipetakan dengan cepat dan dapat diputus pula dengan cepat. Klaster Temboro ditemui pada daerah barat Kalteng dan saat ini beberapa wilayah telah dilokalisir. Selain itu ada juga klaster perusahaan di Mura, lanjut dia, perusahaan yang terkait klaster ini juga bekerjasama dengan baik dan langsung melakukan lokalisir. (via)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggungjawab kaltengekspres.com.

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Tabrak Trotoar, Remaja Tewas Terkapar Usai Balapan Liar

Metro Palangka Raya

27 Pelanggar Terjaring Operasi Patuh

Metro Palangka Raya

Terlibat Trafficking, Kades Kartamulya Dipidana

Metro Palangka Raya

Jelang Pilgub, Ditsabhara Polda Kalteng Giat Razia Cipkon

Metro Palangka Raya

Pedagang Pasar Besar Diresahkan dengan Keberadaan Orang Gila

Metro Palangka Raya

UPR Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan

DPRD Kota

Wacana Pembelajaran Tatap Muka Perlu Kajian Mendalam

DPRD Kota

Legislator Kota Dorong Serapan PAD Sektor Pariwisata Dimaksimalkan