Home / Metro Palangka Raya

Senin, 11 Mei 2020 - 22:20 WIB

Keberadaan Klaster Gowa Masih Mengancam Warga Kalteng

net

net

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kalteng, Suyuti Syamsul menyebutkan saat ini di Kalimantan Tengah ada 6 klaster penularan Covid-19. Enam Klaster tersebut antara lain Klaster Bogor, Sukabumi, GPIB, Gowa, Perusahaan di Mura, dan klaster baru yakni Temboro.

“Dari 6 klaster ini, semuanya sudah berhasil kita lacak secara epidomologis yang masih belum selesai saat ini klaster Gowa, karena kasus ini sendiri bisa dibilang cukup unik lantaran harus didekati dengan cara yang berbeda dan itu menyebabkan rentetannya cukup panjang,” ujar Suyuti.

Baca Juga :  Duel Berdarah Dua Pedagang, Satu Orang Tumbang Dibacok

Lebih lanjut Suyuti mengatakan, untuk penanganan klaster Gowa diperlukan pendekatan khusus, selain jumlahnya yang memang terbilang cukup besar. Menurut Suyuti kasus Gowa masih belum rampung hingga saat ini karena kurangnya disiplin, berbeda dengan klaster GPIB yang bisa diputus dengan cepat.

Klaster Sukabumi saat ini dinyatakan sudah putus, begitu pula dengan klaster GPIB lantaran sudah melewati jangka waktu masa inkubasi dan tidak ada penularan hingga saat ini dari kasus GPIB.

“Teman-teman di kabupaten sudah mengambil langkah yang cukup efektif, misalnya mengumpulkan klaster kemudian melakukan rapidtest masal, ada pula yang mengambil kebijakan lain dalam rangka mempercepat pemetaan dan memutus klaster,” jelas Suyuti.

Baca Juga :  SwaCam PLN Mobile Mudahkan Pelanggan Pantau Penggunaan Listrik

Sementara untuk klaster baru yaitu klaster Temboro, saat ini juga sudah dipetakan dengan cepat dan dapat diputus pula dengan cepat. Klaster Temboro ditemui pada daerah barat Kalteng dan saat ini beberapa wilayah telah dilokalisir. Selain itu ada juga klaster perusahaan di Mura, lanjut dia, perusahaan yang terkait klaster ini juga bekerjasama dengan baik dan langsung melakukan lokalisir. (via)

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Sempat Kritis, Nyawa Sopir Ertiga Tak Selamat

Metro Palangka Raya

Puluhan Barang Sitaan dari Narapidana Dimusnahkan

Metro Palangka Raya

Diterjang Angin Kencang, Pohon di Jalan B Koetin Tumbang

Lintas Kalimantan

PLN Sambung Listrik 37 Desa di Kalselteng

Metro Palangka Raya

Dua Pelaku Curanmor Lintas Kabupaten Diringkus Polisi

DPRD Kota

Dewan Sarankan Prioritas Pembangunan di Kawasan Mendesak

Metro Palangka Raya

Ditsamapta Polda Kalteng Sediakan Bilik Penyemprotan Disinfektan

DPRD Kota

Praktik Ilegal Fishing Harus Dibasmi