Home / Pemkab Katingan

Jumat, 28 Februari 2020 - 11:01 WIB

Wabup Minta Perusahaan Terlibat Tangani Karhutla

Wabup Katingan Sunardi saat menyampaikan sambutannya.

Wabup Katingan Sunardi saat menyampaikan sambutannya.

KASONGAN,KaltengEkspres.com Badan Meterorologi dan Geofisika (BMG) memperkirakan bahwa kemarau panjang di tahun 2020 ini lebih awal datangnya dan lebih panjang dari tahun sebelumnya.

Hal ini dipaparkan saat rapat koordinasi (Rakor), kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhula) diwilayah Kabupaten Katingan, Kamis (27/2/2020).

Menyikapi ini, Wakil Bupati Katingan, Sunardi NT.Litang mengatakan, penanggulangan bencana tak hanya tanggungjawab satu pihak saja, melain tanggungjawab bersama, karena dampak yang diakibatkan juga bersama-sama  merasakannya.

Baca Juga :  Bupati Apresiasi Tema Hut Bhayangkara ke-74 di Mapolres Katingan

“Masalah karhutla bukan hanya tanggungjawab Pemda dan BPBD saja, tetapi.semua pihak termasuk pihak swasta,”kata Sunardi.

Untuk itu, dirinya meminta kepada kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Katingan, untuk melakukan pendataan perusahaan baik bergerak dibidang perkebunan, pertambagan maupun HPH diwilayah Katingan.

“Saya minta segera datanya, perusahaan mana saja yang telah ikut berkontribusi dalam penanganan karhutla di Katingan,” ucapnya.

Baca Juga :  Pelaku Usaha Diimbau Urusi Perizinan 

Sunardi menegaskan, bahwa perusahaan berkewajiban ikut turut serta menjaga lingkungan, terlebih lagi pihak perusahaan perkebunan, karena dengan ikut menjaga lingkungan tentunya tak ingin kebunya terbakar saat terjadi kemarau panjang melanda.

Dia juga berterimakasih dengan semua pihak atas kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dengan terus menjaga kebersihan dan menjaganya dari karhula.(Mi).

Share :

Baca Juga

Pemkab Katingan

Waspada Fenomena Alam MJO

Pemkab Katingan

Bupati Akan Naikkan TPP Pegawai dengan Syarat PAD Meningkat

Katingan

Wabup Sunardi Kunjungi Obyek Wisata Punggu Alas

Pemkab Katingan

Sapi Kurban Disalurkan ke Kecamatan Harus Sehat dan Gemuk

Katingan

P3MD Peduli Bencana Nasional Galang Dana

Pemkab Katingan

Wakil Bupati Berharap NU Katingan Bisa Sinergi

Pemkab Katingan

Pemkab Katingan Sosialisasi Program TORA

Pemkab Katingan

Bunda PAUD Lepas Peserta Karnaval