Home / Kobar

Jumat, 21 Februari 2020 - 17:58 WIB

BKSDA Evakuasi Dua Ekor Orangutan Nyasar Tepi Sungai Arut

Tim Rescue BKSDA saat mengevakuasi orangutan yang nyasar ke tepi sungai dekat kebun warga Jumat (21/2/2020).

Tim Rescue BKSDA saat mengevakuasi orangutan yang nyasar ke tepi sungai dekat kebun warga Jumat (21/2/2020).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) SKW II BKSDA Kalteng berhasil merescue dua individu orangutan di tepi Sungai Arut, Kelurahan Raja Seberang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Evakuasi yang dilakukan tim rescue berlangsung dramatis karena orangutan tersebut. nyasar ke kawasan tepi sungai setempat.

“Dari empat ekor orangutan, hanya dua ekor yang berhasil kita evakuasi, sementara dua lainnya sempat lari masuk ke dalam hutan saat tim datang,”ungkapnya Muda Yulivan Anggota WRU SKW II BKSDA Kalteng, Jumat (21/2/2020).

Baca Juga :  Polres Kobar Musnahkan Barbuk 96,63 Gram Sabu dari Enam Tersangka

Menurut dia, tim rescue sempat kesulitan melakukan evakuasi karena posisi orangutan tersebut berada diatas pohon setinggi 15 meter. Untuk keamanan Orangutan tersebut, tim WRU harus membersihkan sekeliling pohon tersebut, agar memudahkan evakuasi.

“Saat evakuasi, tim WRU tidak memasang jaring karena saat orangutan jatuh akibat bius lokasi disekitar yang berair dan sudah dibersihkan dianggap aman, terlebih posisi jatuh sudah perkiraan arahnya. Setelah berhasil direscue, tim WRU membawa dua individu yang terdiri dari induk dan anaknya, menggunakan perahu, masing – masing berat induk dan anak Orangutan tersebut adalah 40 kilogram dan enam kilogram,”ujarnya.

Baca Juga :  Korsleting Listrik, Rumah Warga Kobar Nyaris Terbakar

Saat ini kedua Orangutan tersebut berada di kandang karantina milik OCCQ di Desa Pasir Panjang, dan hari ini rencananya akan dilakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh terhadap induk dan anaknya.(yus)

Share :

Baca Juga

Kobar

KORPRI Diharapkan Jadi Contoh Teladan Bagi Masyarakat

Kobar

Ribuan Warga Hadiri Haul Kyai Gede

Kobar

Sehari, Empat Budak Sabu Disergap Polisi

Kobar

Wow.. Ular Ini Bikin Warga Geger

Kobar

Toleransi, Rumah Ibadah Tiga Agama di Kobar Berdampingan

Kobar

Tabrak Trotoar, Pemotor Terkapar Patah Kaki

Kobar

2019, Jalan Pangkalan Bun-Kumai Diperlebar

Kobar

Ayo, Setelah Disidak Bupati, Ternyata Beras di Bulog Banyak Tidak Layak Konsumsi