Awasi Titik Api, Satgas Karhutla Katingan Patroli 1×24 Jam

Asisten II Setda Katingan Ahmad Rubama saat memimpin rakor di ruang rapat Bupati Katingan Rabu (7/8/2019).

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Katinga melakukan rapat koordinasi di ruang rapat Bupati Katingan terkait penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Katingan, Rabu (7/8/2019).

Rapat koordinasi ini dipimpin langsung oleh Asisten II Setda Katingan yang juga merupakan Plt. BPBD Katingan Ahmad Rubama, di dampingi Kabagops Kompol Arifin dan Perwira Penghubung 1015 Sampit Dedy M.

Dalam rapat tersebut Rubama meminta agar patroli untuk memantau karhutla bisa dilakukan 1×24 jam. “Tim sudah dibentuk, sehinga untuk patroli memantau karhutla kita harapkan agar bisa dilakukan selanm 1×24 jam, dengan cara sistem ship atau bergantian saat melakukan patroli,”pintanya.

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan kepada para camat, agar di setiap kecamatan bisa siap siaga untuk memantau karhutla. “Untuk para camat diharapkan agar bisa mengkoordinir wilayahnya, jika ada titik hotspot segera datangi untuk segera dipadamkan jangan hanya diam,”Imbuhnya.

Semuanya lanjut dia, harus segera di antisipasi, meskipun diwilayah Katingan saat ini karhutla masih belum terjadi kebakaran lahan secara luas. (ejk)