Disuport Royalti Batu Bara, APBD Kalteng Meningkat

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat memberikan keterangan kepada awak media.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dimasa kepemimpinan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng mengalami berbagai kemajuan. Salah satunya dari segi pendapatan asli daerah (PAD) yang berkontribusi meningkatkan APBD Kalteng.

“Selama ini kita terus bekerja untuk melayani masyarakat. Berkat kerja keras bersama kita berhasil meningkatkan APBD Kalteng dari sebelumnya hanya Rp 3,4 triliun lebih, pada tahun anggaran 2019 sudah mencapai Rp 5,4 triliun,”kata Sugianto Sabran kepada awak media.

Pencapaian tersebut lanjut dia, dikarenakan adanya kenaikan dari royalti batubara yang mencapai Rp 2 triliun. Padahal sebelumnya royalti batu bara hanya Rp 400 miliar saja. Namun pada masa kepemimpinannya, dalam dua tahun, mulai meningkat dari. Rp 900 miliar pada tahun 2016, Rp 1,7 triliun pada tahun 2017, dan Rp 2 triliun pada tahun 2018.

” Ya pencapaian kami selama tiga tahun terakhir ini bisa menganggarkan APBD murni Tahun 2019 berada di total Rp5,4 triliun lebih. Pencapaian ini adalah hasil dari kerja keras seluruh PD, bukan gubernur dan wakil gubernur yang hebat, semua terwujud karena ada pembantu-pembantu yang hebat,” tegasnya. (jkn/adv)