Awal Ramadan, Lonjakan Penumpang Kapal Mulai Meningkat 50 Persen

Para pemudik yang berangkat melalui Pelabuhan Panglima Utar saat menaiki Kapal KM Egon Jumat (10/5).

KUMAI, KaltengEkspres.com  –  Memasuki hari kelima ramadan, lonjakan arus mudik penumpang di Pelabuhan Panglima Utar Kumai Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), mulai terjadi.

Berdasarkan data yang dihimpun Kalteng Ekspres.com dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kumai, memasuki hari kelima ramadan ini atau Jumat (10/5/2019), tercatat lonjakan penumpang sudah mencapai 50 persen dibanding hari biasa.

Kepala KSOP Wahyu  melalui Sub Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Pelabuhan Azwar Anas mengakui, adanya kenaikan jumlah penumpang tersebut, dibandingkan hari biasa.

“Kalau hari biasa kapal dengan tujuan Surabaya-Semarang hanya mengangkut penumpang -/+ 150 orang, pada awal ramadan mengalami kenaikan, seperti kapal KM. Kirana I milik PT. Dharma Lautan Utama dengan tujuan Semarang mengangkut penumpang -/+ 400 orang. Kemudian Kapal KM. Satya Kencana III dengan tujuan Surabaya -/+ 350 orang,” ucap Azwar Anas kepada Kalteng Ekspres.com Jumat (10/5).

Pada kesempatan itu ia berharap kepada masyarakat yang mudik lebaran tahun ini agar mudik lebih awal hari. Hal ini supaya tidak terjadi penumpukan penumpang saat mendekati hari libur lebaran nanti. (yus)