Home / Kobar

Senin, 18 Maret 2019 - 15:37 WIB

Ekspor Minyak Kelapa Sawit Kalteng Meningkat

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) kembali melepas ekspor 37.000 MT Refined Bleaced Deodorized Olein (RDB Olein) senilai Rp. 300 miliar ke Negara Tiongkok.

Hal tersebut disampaikan Kepala Barantan RI Ali Jamil. Menurut dia, Kalimantan Tengah termasuk dalam lima provinsi terbesar di Indonesia selain Riau, Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat.

“Kami sangat mendukung tumbuhnya industri hilirisasi kelapa sawit. Karena produk olahan hasil industri hilir lah yang justru mendatangkan nilai tambah bagi petani” katanya saat melepas ekspor di Pelabuhan Tempenak Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat, Senin (18/3/2019).

Baca Juga :  Tim Animals Rescue Damkar Kobar Tangkap Ular Piton Panjang 3 Meter

Ia mengungkapkan, sebanyak 200 persen capaian yang berhasil dicapai dalam kurun waktu tiga bulan. Yang mana pada tahun 2017, ekspor RBD Olein mencapai 23.999 MT dengan nilai ekspor 196 M dan ditahun 2018 ekspor meningkat sebesar 43 persen atau sebanyak 34.357 MT dengan ekspor mencapai 281 M.

Baca Juga :  Bus Logos Terguling, Dua Orang Tewas 

“Yang patut di apresiasi yaitu ditahun 2019. Baru berjalan tiga bulan sudah mencapai 96.699 MT dengan nilai ekspor 791 atau 200 persen. Bisa kita bayangkan berapa nilai tambah yang bisa diterima petani saat ini,” tukasnya. (aro)

Share :

Baca Juga

Kobar

Hindari Emak-emak, Mobil Dinas Tabrak PJU 

Kobar

Beroperasi di Kawasan Pelosok, Tiga PSK dan Mucikari Diciduk Satpol PP Kobar

Kobar

Dua Pelaku Perampokan di Kebun Sawit BJAP Dibekuk Polisi

Kobar

Diduga Kompor Gas Penyebab Kebakaran Pasar Palagan Sari

Budaya/Wisata

Indahnya Pantai Tanjung Keluang

Kobar

Hendak Ikut Demo, Puluhan Pelajar Diamankan Polisi

Kobar

Rumah dan Sowroom di Kelurahan Baru Berkobar

Kobar

Dua Pegawai BPN Bersaksi Memperlihatkan Dokumen Formulir Permohonan Pinjam Pakai