Pemkab Kobar Kaji Smart City ke Pemkot Semarang

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) mengkaji penerapan smart city (kota cerdas) ke Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang Jawa Tengah (Jateng), (Rabu 6/2/19).

Kunjungan pengkajian ini dipimpin langsung Bupati Kobar Hj. Nurhidayah, didampingi Wakil Ketua I DPRD Kobar Rusdi Gozali,dan sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Pemkab Kobar.

Dalam kunjungan ini, rombongan disambut langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, Ir. Agus Riyanto dan Kepala dinas Kominfo Pemkot Semarang di Situation Room Kantor Walikota Semarang.

Bupati mengatakan, maksud kedatangannya bersama rombongan dalam rangka melihat secara langsung serta menggali informasi dan langkah awal kerjasama dalam penerapan smart city di Kabupaten Kobar.

Lantaran, beberapa waktu lalu, Kabupaten Kobar sebagai salah satu kabupaten yang ikut assesment gerakan 100 smart city, yang juga memiliki potensi cukup baik dalam penerapan smart city.

“Intinya kita ingin agar persiapan menuju smart citu biar lebih matang, karena itu perlu adanya kaji tiru di Kota Semarang,” ungkap Nurhidayah Kamis (7/2).

Sementara itu Sekda Kota semarang, Ir. Agus Iryanto mengatakan, menyambut baik atas kedatangan Bupati Kobar beserta rombongan. Menurut dia, pihaknya selalu siap untuk membantu Pemkab Kobar dalam menerapkan smart city. Karena itu berbagai aplikasi yang telah tersedia dapat dimanfaatkan oleh Pemkab Kobar tanpa harus membeli.

Untuk diketahui, smart city merupakan pengembangan dan pengelolaan kota/daerah dengan memanfaatkan teknologi infomasi (TI) untuk menghubungkan, memonitor dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien guna memaksimalkan pelayanan kepada warganya agar bisa mendukung pembangunan yang berkelanjutan. (aro)