DKP Mura Dorong Desa Kuatkan Program Kemandirian Pangan

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Mura, terus mendorong dan memberikan pemahaman kepada pemerintahan desa untuk menguatkan program kemandirian pangan.

Hal ini diungkapkan Kepala DKP Mura, Ferdinand Wiijaya ketika ditemui diruang kerjanya, Kamis (28/2). Ia mengatakan, bahwa pihaknya meminta kepada seluruh Kepala Desa dan perangkatnya untuk bisa menguatkan program pertanian dalam rangka kemandirian pangan di daerahnya masing-masing.

Paling tidak lanjut dia, desa bisa mengalokasikan anggaran sekitar 10 persen atau miliaran anggaran yang dikelola oleh desa, untuk program menuju kemandirian pangan. Dengan demikian dirinya yakin kedepan desa desa akan memiliki bidang pertanian yang maju.

Contohnya, apabila setiap desa menganggarkan untuk pembelian ternak sapi paling tidak 20 ekor saja yang dikelola oleh kelompok tani setempat, bisa dibayangkan apabila 116 desa melakukan program itu secara serentak, Mura akan mampu swasembada daging sapi.

“Kalau 20 ekor saja tiap desa menganggarkan untuk pengadaan ternah sapi, ada ribuan sapi yang akan didatangkan dan diternak di Kabupaten Mura. Kita tidak hanya mampu swasembada namun juga mampu memasok daging ke luar daerah,” katanya.

Hanya tidak terfokus kepada pengadaan ternak sapi saja, melainkan juga desa nanti akan dibantu SOPD terkait untuk pemeliharaan dan pengembangbiakan melalui petugas penyuluh pertanian yang ada di masing-masing wilayah.

“Itu jelas hanya salah satu contoh bagaimana apabila desa mau mensuport program pertanian dan dan peternakan, dampaknya akan sangat signifikan. Mengingat dana yang ada di SOPD sangat teratas dan tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan seluruh desa,”tandasnya. (to)