Dinas KP Mura Ajak Warga Desa Menanam Sayur di Pekarangan

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Kepala Dinas Ketahanan Pangan (KP) Kabupaten Murung Raya (Mura) Ferdinan Wijaya, mengajak seluruh masyarakat desa untuk memanfaatkan pekarangannya, sebagai median guna menanam segala macam sayuran melalui program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Ajakan ini disampaikannya saat membuka rapat koordinasi percepatan kegiatan KRPL, di Aula Kantor Ketahanan Pangan, Kamis (21/2).

“Para ibu rumah tangga menjadi sasaran program KRPL ini, dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam, kedepan appabila itu terwujud, ibu ibu tidak perlu lagi membeli sayur dan bisa mandiri pangan mulai dari lingkungan keluarga”kata Ferdinan.

Ia menjelaskan, bahwa selama ini fenomena banyak ibu-ibu di desa yang membeli sayur mayur untuk kebutuhan memasak sehari hari dari pedagang yang membawa sayur dari kota bahkan dari luar daerah.

Jika program tersebut terlaksana lanjut dia, maka nanti fenomena itu akan berbalik, nanti warga kota Puruk Cahu yang datang membeli sayur mayur ke desa.Untuk tanaman nantinya diarahkan diantaranya seperti cabe, tomat, terong dan beberapa tanaman lainnya.

“Skala kecil saja namun terpadu karena ada beberapa macam jenis tanaman, untuk emenuhi kebutuhan sayur mayur dalam keluarga. Oleh sebab itu, pada rapat ini mengundang para kelompok tani dan penyuluh pertanian untuk bisa mendorong agar program KRPL bisa terlaksa dengan baik di tahun 2019 ini,”paparnya. (to)