Home / DPRD Kota

Senin, 19 November 2018 - 19:02 WIB

Dewan Kota Dorong UMKM Berdayakan Kaum Disabelitas

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Nenie A Lambung mendorong para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar bisa memberdayakan para penyandang disabilitas sehingga bisa berperan menggeluti keberadaan UMKM.

“Tidak sedikit para penyandang disabilitas yang memiliki keterampilan, bakat serta kemauan yang ulet. UMKM dapat turut membantu memberdayakan mereka untuk menggeluti dunia UMKM,”ungkap Neni, Senin (19/11).

Baca Juga :  Dewan Dukung Kebijakan Keringan Cicilan 

Menurut Nenie, dirinya sangat mengapresiasi UMKM yang begitu terbuka merekrut para penyandang disabilitas, dengan memberdayakan bahkan memberikan bimbingan serta pelatihan.

“Ya, saat kegiatan bazar, ada penyandang disabilitas yang direkrut salah satu UMKM. Produk UMKM yang dijual saat itu adalah hasil dari penyandang disabilitas. Ternyata produk dihasilkan para disabilitas itu bagus dan diminati,” terangnya.

Hal inilah menurut dia, menunjukan bahwa para penyandang disabilitas bisa diberdayakan untuk maju, bahkan bisa mandiri meningkatkan pendapatan dan membangun kapasitas dirinya.

Baca Juga :  Dewan Harapkan Wali Kota Tata Pembangunan Kota Lebih Maju

Selama ini banyak penyandang disabilitas yang memiliki kemampuan dan keterampilan, seperti kemampuan melakukan konfeksi, makanan, kerajinan tangan, elektronik maupun mekanik.

Hanya saja mereka memerlukan dukungan dalam hal permodalan maupun pemberdayaan. Termasuk dibekali kemampuan kewirausahaan. (dr)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Dewan Dukung Penutupan Lokalisasi di Palangka Raya

DPRD Kota

Protokol Kesehatan Wajib Diterapkan Para Pelaku Usaha

DPRD Kota

Masyarakat Diminta Rutin Donor Darah ke PMI

DPRD Kota

Dewan Kota Apresiasi Pemecahan Rekor Muri Gemu Famire

DPRD Kota

DPRD Gelar Paripurna Penyampaikan Laporan Ranperda Tatib

DPRD Kota

Disperindagkop Diminta Perketat Pengawasan Sembako

DPRD Kota

Dewan Dorong Pemko Maksimalkan TSAK Dimaksimalkan

DPRD Kota

Masyarakat Diminta Jujur Saat Pemeriksaan Kesehatan