Dewan Dorong Peran Forkopimda Agar Diperkuat

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Peran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)  sangat penting dan strategis dalam membantu pemerintahan menjalankan roda pembangunan.

Forkopimda ini memiliki peran dan fungsi penting, terutama mensinergikan sekaligus membantu pemerintah daerah dalam penyelesaian masalah dalam pemerintahan daerah. Hal ini dikatakan Ketua  DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto kepada wartawan Sabtu (3/8/2019).

Menurutnya, peran ini diperkuat karena hasil kunjungan kerja DPRD setempat dan Wali Kota Fairid Naparin beserta jajaran Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar, Dandim 1016/Palangka Raya Letkol Czi Chandra Adibrata  serta unsur Forkopimda lainnya ke Bali beberapa waktu lalu, telah  banyak pelajaran dipetik terkait kerjasama Forkopimda di Kabupaten Klungkung Bali.

“Ini penting untuk Pemko dan Forkopimda belajar dalam hal penguatan kerjasama kepemerintahan, terutama yang berkaitan dengan peran serta fungsi Forkopimda,”ungkap Sigit.

Forkopimda lanjut Sigit, memiliki peran strategis dimana keberadaannya diperlukan dalam memberikan solusi berbagai permasalahan yang terjadi dalam pemerintahan maupun di masyarakat.

Sejauh ini, kerjasama kepemerintahan antara Pemko Palangka Raya dan Forkopimda , memang telah berjalan dengan baik. Namun begitu untuk penguatan lebih mendalam pada berbagai aspek tetap diperlukan.

“Kelembagaan adat di Kabupaten Klungkung ini penting juga ditiru, terutama bagaimana mengatur daerah yang nyaman dan damai melalui keterlibatan kelembagaan adat,”tandasnya. (ed)