Dewan Dukung Peningkatan Fasilitas Pasar Tradisional

Salah satu Pasar Tradiosonal di Palangka Raya saat dikunjungi pembeli, Sabtu (7/9/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya, memiliki visi dan misi mewujudkan masyarakat yang sejahtera melalui ekonomi cerdas (Smart Economy).

Upaya  mewujudkan masyarakat melalui ekonomi cerdas ini mendapat dukungan banyak pihak, termasuk kalangan DPRD kota setempat.

“Untuk mensukseskan terlaksananya program pemerintah tersebut, tentu harus didukung dengan peningkatan pembangunan di sektor ekonomi, salah satunya adalah fasilitas berupa pasar,” ungkap anggota DPRD Kota Palangka Raya, Tantawi Jauhari Sabtu (7/9/2019).

Menurutnya, sebagai salah  satu kota berkembang, tentu pemerintah dan masyarakat perlu memperkuat sektor ekonomi serta daya beli masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan.

“Terutama melalui  keberadaan pasar tersebut,  karena kendala yang kerap di dapat pada pasar tradisional selama ini yaitu perlunya peningakatan  fasilitas pasar agar lebih baik lagi,” ujarnya.

Tantawi melihat masih ada sejumlah titik  pasar tradisional di Palangka Raya, seperti di Pasar Besar  yang dalam kondisi kumuh akibat tidak didukung dengan pengelolaan sistem pembuangan air dan pengelolaan limbah pasar yang baik.

“Sebenarnya manakala ada  program revitalisasi pasar tradisional, itu bisa dimanfaatkan. Kalau pun belum ada program tersebut  bisa menggunakan dana pemeliharaan,” jelasnya.

Selebihnya Tantawi, mengungkapkan pasar adalah salah satu tempat pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dimana seluruh fasilitas pendukung sangat diperlukan, sehingga masyarakat lebih menyukai dan merasa nyaman untuk berbelanja di pasar tradisional.

“Pasar itu sejatinya tempat bergeraknya perekonomian. Kalau kondisi pasarnya sendiri kumuh, maka masyarakat akan enggan atau tak nyaman berbelanja,” papar politikus Partai Gerindra ini.

Sebab itu tambah dia, agar roda perekonomian dan transaksi pasar bisa terus meningkat, maka pemerintah daerah harus bisa membenahi secara menyeluruh, mulai dari fasilitas hingga pengelolaan pasar yang baik, sehingga daya beli masyarakat pun terus meningkat. (ed)