Dinas PUPR Barsel Gelar Penandatangan Integritas KKM Desa Sasaran Pamsimas III

BUNTOK, KaltengEkspres.com – Dalam rangka mendukung program nasional universal acces (100-0-100) pada tahun 2019, dengan capaian target 100% akses air minum, 0% kawasan kumuh, dan 100% akses sananitasi umum bagi seluruh penduduk Indonesia, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), mengelar penandatanganan Integritas KKM Desa Sasaran  Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III.

“Program ini merupakan salah satu andalan nasional, tujuannya untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi  dengan pendekatan berbasis masyarakat,” kata Kepala Dinas PUPR Barsel Agus In”Yulius melalui Kabid Cipta Karya Eddi Hariyadi kepada Kalteng Ekspres.com Minggu(5/8/2018).

Eddy Hariyadi menjelaskan, program Pamsimas ini berperan dalam menyediakan dukungan finansial dalam bentuk investasi fisik baik sarana dan prasarana, maupun investasi non-fisik dalam bentuk manajemen, dukungan teknis, dan pengembangan kapasitas. Program Pamsimas ini dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat, melalui keterlibatan semua lapisan masyarakat dan pendekatan yang tanggap terhadap kebutuhan masyarakat (demand responsive approach). 

“Kedua pendekatan tersebut dilakukan melalui proses pemberdayaan masyarakat untuk menumbuhkan prakarsa, inisiatif, dan partisipasi aktif masyarakat dalam memutuskan, merencanakan, menyiapkan, melaksanakan, mengoperasikan dan memelihara sarana yang telah dibangun, serta melanjutkan kegiatan peningkatan derajat kesehatan di masyarakat,”ujarnya.

Diterangkan Eddy, program Pamsimas ini dimulai pada Tahun 2008-2012. Program pertama disebut Pamsimas I, dilaksanakan 2088-2012, kemudian Pamsimas II dilaksanakan Tahun 2013 -2015 dan pada tahun 2018 ini sudah memasuki periode program Pamsima III dengan jangka waktu, tahun 2016-2019, khusus untuk desa-desa di kabupaten.

“Perlu diketahui untuk nasional, sampai dengan akhir tahun 2016, Program Pamsimas telah berhasil meningkatkan jumlah warga miskin perdesaan dan pinggiran kota yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi, serta meningkatkan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat di sekitar 12.000 desa yang tersebar di 233 kabupaten/kota,”paparnya.

Sementara untuk Barsel di tahun anggaran 2018, Program Pamsimas III bergerak di 15 desa sasaran se- Kabupaten. Untuk merealisasi dan implementasi program dan kegiatan tersebut, pada 2 Agustus 2018 di Aula Dinas PUPR Barsel, dilaksanakan acara penandatanganan fakta Integritas oleh kelompok kerja masyarakat (KKM).

Acara ini selain dihadiri pejabat Dinas PUPR Barsel, juga para kepala desa sasaran serta tim konsultan pendamping dengan tujuan membangun komitmen bersama khususnya dari KKM selaku pelaksana agar dalam proses pelaksanaan kegiatan senantiasa mengikuti ketentuan serta berpedoman pada mekanisme yang telah ditetapkan dalam petunjuk pelaksanaan/petunjuk teknis kegiatan. (rif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here