Debit Air DAS Katingan Naik, Warga Pinggiran Sungai Mulai Cemas

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Debir air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Katingan semakin bertambah naik, hingga membuat beberapa wilayah di sekitar Kota Kasongan mulai terendam banjir terutama pemukiman warga yang berada di kawasan pinggir sungai. Dari pantauan di lapangan Rabu (2/5), sudah ada beberapa kawasan rumah warga yang mulai terkena rendaman air.

M. Baihaki (39) warga yang tinggal di sekitar pinggir DAS Katingan mengatakan, beberapa hari terakhir kondisi luapan air di DAS Katingan terus meningkat meskipun tidak terlalu signifikan. Menurut dia, tingginya intensitas hujan mengakitbatkan naiknya debit air.

“Intensitas curah hujan beberapa hari terakhir ini terus tinggi sehingga membuat air di DAS Katingan menjadi meluap,”ungkapnya Rabu (2/5).

Bapak dua anak ini mengatakan, bahwa dirinya merasa khawatir dan cemas akan terjadi banjir kembali seperti yang terjadi pada tahun 2017 lalu.

“Kalau sudah melihat kondisi air seperti ini tentunya kita merasa khawatir, karena kawasan rumah sekitar rawan banjir seperti banjir yang terjadi pada tahun 2017 lalu hingga membuat kami sekeluarga mengungsi karena air menggenangi rumah,”paparnya.(Ejk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here