Home / Katingan

Rabu, 28 Maret 2018 - 16:29 WIB

PLTS Rusak, Desa Tumbang Kanei Gelap Gulita

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Sejak awal Januari 2018 hingga akhir Maret 2018 ini, Desa Tumbang Kanei Kecamatan Sanaman Mantikei Kabupaten Katingan masih gelap gulita. Ini disebabkan, karena pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terpusat di desa mengalami kerusakan dan tak kunjung diperbaiki.

“Sudah sejak Januari 2018 lalu, keadaan desa kami mejadi gelap gulita bila malam hari, karena PLTS yang ada rusak,”ungkap Kepala Desa (Kades) Tumbang Kanei, Ruji Yanto Rabu (27/3/2018).

Menurutnya, PLTS terpusat di desanya itu mulai berdiri dan berfungsi pada awal tahun 2012 lalu. Awalnya PLTS terpusat mampu menerangi 70 rumah warga. Kemudian, ada penambahan sehingga mampu menerangi 80 rumah warga, belum termasuk lampu penerangan jalan. Hanya di tahun 2017 lalu, PLTS mulai ada gangguan, dan saat ini keadaan di desa setempat, listrik nya mati total.

Baca Juga :  Dua Rumah dan Sepeda Motor Warga Kapuas Berkobar




Selaku Kedes, mewakili masyarakatnya, ia berharap agar Pemkab Katingan dapat membantu memperbaiki PLTS  yang rusak tersebut. Lantaran kerusakan yang dialami pada bagian aki PLTS sebanyak 48 buah tersebut tidak bisa berfungsi. “Kemungkinan kerusakan aki PLTS tersebut  karena sudah cukup lama usia,”paparnya.

Baca Juga :  Update Covid-19 Katingan, Total 240 Orang Positif, 9 Meninggal Dunia

Ruji Yanto menjelaskan, bahwa pihaknya sudah menyampaikan secara  lisan permasalahan PLTS kepada pemerintah daerah melalui Bagian Sumber Daya Alam (SDA), karena PLTS itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat. Namun sampai saat ini belum ada tindaklanjuti dari Pemkab Katingan untuk memperbaikinya. “Untuk itu kami memohon agar permasalahan PLTS yang tidak berfungsi di desa kami diperhatikan pemerintah daerah agar diperbaiki,”tandasnya. (Ejk)

Share :

Baca Juga

Katingan

Jalan Trans Kalteng Kembali Direndam Banjir 

Katingan

Jelang Pilkada, Situasi Politik di Katingan Masih Kondusif

Katingan

Perkelahian Nyaris Berujung Maut

Katingan

HUT ke-74 Bhayangkara, Polres Katingan Gelar Donor Darah

Katingan

Puluhan Warga Terjaring Operasi Yustisi

Katingan

Dua Rumah dan Satu Bangunan Walet di Katingan Diamuk Jago Merah 

Katingan

Dewan Bakal Panggil Kepala DLH Katingan

Katingan

Kabur Dari Lapas Kasongan, Dua Napi Asal Kotim Ini Diburu Polisi