Diduga Sengaja Dibakar, Lahan Kosong di Kotim Diamuk Jago Merah

SAMPIT, KaltengEkspres.com Kebakaran mulai terjadi di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) beberapa hari terakhir. Khususnya yang terjadi pada Sabtu (17/2/2018) malam. Lahan kosong milik warga seluas 1 hektar yang berada di Jalan Pelita Barat Kelurahan Mentawa Baru Kecamatan Mentawa Baru Ketapang ini habis dilalap si jago merah.

Api mengamuk membakar semak di kawasan setempat sehingga membuat warga setempat sempat kwatir api meluas. Diduga kuat, lahan ini sengaja dibakar oleh oknum warga yang ingin membuka lahan. Namun beruntung  peristwa ini cepat ditanggulangi petugas petugas dan relawan pemadam kebakaran (Damkar) Kotim, sehingga api berhasil dipadamkam sekitar 1 jam kemudian.

Ketua Koordinator Damkar Swadaya Masyarakat Nanang Syahrani mengatakan, kebakaran yang terjadi di areal lahan seluas 1 hektar ini diduga sengaja dibakar. “Dugaan sementara lahan ini kemungkinan sengaja dibakar oleh oknum pemilik lahan. Hal ini terlihat dari tanda-tanda yang ada dilokasi ditemukan tumpukan sisa-sisa pembersihan lahan dan kemungkinan lahan tersebut hendak digunakan untuk pertanian,”ungkap Nanang Minggu (18/2/2018).

Menurut Nanang, kondisi lahan yang kering akibat musim kemarau serta ditambah dengan tiupan angin yang cukup kencang membuat api begitu cepat menyala dan merembat membakar tanaman dan semak-semak yang ada disekitarnya.

“Upaya pemadaman yang kita lakukan sempat terkendala, karena lokasi lahan yang terbakar letaknya cukup jauh. Sehingga membuat kami kesulitan menuju lokasi untuk untuk melakukan pemadamannya di lapangan,”paparnya.

Selain itu lanjut dia, pihaknya tidak bisa berbuat maksimal karena peralatan pemadaman api yang mereka miliki sangat terbatas dan banyak yang bocor.

“Beruntung saat itu upaya kerja keras kita berhasil membuahkan hasil. Sehingga meski dengan keterbatasan peralatan api berhasil dipadamkan,”urainya. (MR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here