Home / Kobar

Senin, 26 Februari 2018 - 22:58 WIB

Dewan Kecewa Ketidakhadiran Eksekutif

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kecewa terhadap sikap eksekutif yang tidak hadir satupun wakilnya pada rapat gabungan komisi di DPRD Kobar, Senin (26/2/2018), terkait enam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diajukan pihak eksekutif.
Ketua DPRD Kobar Triyanto  mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan sikap Pemkab Kobar atas kejadian ini. Karena lembaga yang di ketuainya ini mengklaim sudah menjalankan prosedur dengan benar.

”Jadwal sudah sama-sama tahu, dan sudah ditetapkan dalam rapat Badan Musyawarah (Banmus) penetapannya juga bersama pihak eksekutif, kemudian undangan juga sudah disampaikan sesuai konfirmasi kami ke bagian persidangan, tetapi ini malah tidak hadir,”ujar Triyanto kecewa.

Menurut Triyanto, sebelum rapat dimulai ia memang mendapat informasi bahwa ada permintaan dari eksekutif agar rapat ditunda atau diundur terlebih dahulu. Akan tetapi Triyanto bersama anggota DPRD lainnya mengaku merasa tidak dihargai dengan adanya informasi itu.

“Seharusnya jika memang belum siap maka hadir saja baru kemudian jika belum siap bisa diskor. Ini tidak, malah meminta ditunda padahal sama-sama sudah diketahui jadwalnya sehingga tidak ada yang hadir,”ungkapnya. 

Baca Juga :  Dua Pengedar Sabu Disergap Polisi 

Triyanto menjelaskan, jika memang ada agenda Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) ditingkat kecamatan seharusnya tidak perlu semua hadir karena SOPD juga memiliki sekretaris, kepala bidang hingga kepala seksi berbeda dengan anggota DPRD yang tidak bisa diwakilkan.

“Rapat gabungan komisi-komisi bersama eksekutif tadi tetap kita gelar tetapi diskor sampai ada kesiapan pihak eksekutif perihal jawaban atas kompilasi gabungan rapat komisi terhadap 6 ranperda yang diajukan eksekutif. Ada 7 Ranperda 6 dari eksekutif dan 1 inisiatif DPRD,”paparnya.

Kekecewaan juga disampaikan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah, Bambang Suherman. Menurut dia, pihaknya menyayangkan atas kejadian tersebut. ”Kita sangat kecewa, ini harus benar-benar jadi perhatian. Karena sekali lagi jadwal sudah sama-sama tahu dan disepakati, tetapi ini kok malah tidak hadir,”ucapnya. (hm)

Share :

Baca Juga

Kobar

Dandim Siagakan Anggota Kodim Bantu Korban Banjir Aruta

Kobar

Begal Payudara Modus Ojol Diciduk Polisi

Kobar

Akibat Tumpahan CPO, Sejumlah Pemotor Terjatuh

Kobar

Disenggol Truk, Pagar Tembok Roboh Menimpa Sepeda Motor

Kobar

Jelang Operasi Zebra, Satlantas Imbau Masyarakat Disiplin Berkendaraan

Kobar

7 Pengendara Motor Terjatuh di Jalanan Licin

Kobar

Angkut Kayu Ilegal, Dua Sopir Diciduk Polisi

Kobar

Terlanjur Beli Tiket Mudik, Bisa Ajukan Refund