Jelang Pilkada, Situasi Politik di Katingan Masih Kondusif

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Situasi dan kondisi menjelang pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Katingan mesih kondusif. Hal itu diungkapkan okeh Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Ketingan Akhmad Muntu SH melalui Kepala Bidang (Kabid) Kewaspadaan Dini dan Pengawasan serta Interkam Wanto S Sos, Kamis (25/1/2018).

Wanto mengatakan, kondisi seperti ini diharapkan pihaknya terus terjadi baik sejak tahapan awal maupun hingga tahap akhir Pilkada Katingan.

“Jika perlu sampai pada pelantikan nanti tetap dalam keadaan aman dan kondusif seperti yang kita harapkan bersama,”ujarnya kepada sejumlah awak media.

Menjawab pertanyaan sejumlah media, dengan beberapa wilayah kecamatan
yang dianggap rawan dalam pelaksanaan Pilkada di tahun 2018 ini. Wanto menerangkan, dari 13 wilyah kecamatan yang ada di Kabupaten Katinyan, hanya  tiga wilayah kecamatan yang dianggap rawan. Yakni Kecamatan Katingan Hilir, Katingan Tengah dan Katingan Kuala.

“Masalahnya ketiga wilayah kecamatan ini memiliki warga terbesar dari 13 wilayah kecamatan di bumi Penyang Hinje Simpei
ini, dengan demikian pemilihnya pun diperkirakan lebih banyak juga,”ungkapnya.

Kendati ketiga wilayah kecamatan tersebut merupakan jumlah terbanyak dan jamak, namun dirinya juga mengakui untuk saat ini masyarakat di 13 wilayah Kecamatan sudah semakin dewasa dalam berpolitik.

Karena lanjut dia, masyarakat Katingan bukan baru pertama kali ini saja melaksanakan Pilkada, tapi sudah dua kali, yaitu pada tahun 2008 dan tahun 2013 yang lalu, ditambah dengan tiga kali Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng pada tahun 2005, tahun 2010 dan tahun 2015 yang lalu.

“Sehingga saya berharap Pilkada di tahun 2018 ini dalam keadaan aman
dan kondunsif juga,”harapnya.

Sementara terkait dengan kerawanan politik dimaksud menurutnya, instansinya sudah melakukan pemetaan wilayah bersama
instansi vertikal seperti TNI dan Polri serta instansi terkait lainnya.

Adapun langkah-langkah untuk menekan kerawanan di tiga wilayah kecamatan tersebut, pihak Kebangpol dan Linmas setempat menurutnya, sudah melakukan kerjasama dengan instansi vertikal dimaksud. (EJK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here