Home / Kotim

Kamis, 7 Desember 2017 - 15:09 WIB

Diimingi Jadi Pegawai Damkar, Sebelas Orang Warga Kotim Ditipu, Uang Rp 40 Juta Raib

SAMPIT,Kaltengekspres.com – Sebelas orang warga Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mendatangi Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamat (Disdamkarmat) Kabupaten Kotim Kamis (7/12/2017). Kedatangan sebelas warga ini untuk melaporkan kejadian penipuan yang diduga dilakukan oknum pegawai setempat, kepada Kepala Disdamkarmat Kotim Rihel.

Pasalnya, sebelas warga ini mengaku telah kehilangan uang keseluruhan sebesar Rp 40 juta, lantaran diserahkan kepada salah seorang oknum pegawai setempat yang menjanjikan bisa mengurus mereka untuk lolos masuk bekerja menjadi pegawai Disdamkarmat.

Mendapati laporan ini, Kepala Disdamkarmat Rihel langsung meradang, dan membantah jika pihaknya telah menerima perekrutan pegawai baru. Menurut dia, saat ini rencana perekrutan saja tidak ada di Disdamkarmat Kotim. Apalagi sampai melakukan perekrutan pegawai baru. Lantaran sampai saat ini belum ada intruksi dan arahan dari Pemkab Kotim.

Baca Juga :  Simpan Sabu di Jok Motor, Warga Sampit Ini Diringkus Polisi

“Jadi dengan tegas saya sampaikan tidak dibenarkan adanya perekrutan itu. Itu hanya ulah oknum yang tidak bertanggungjawab telah mencoreng nama instansi ini,”ujarnya kepada Kalteng Ekspres.com diruang kerjanya, Kamis (7/12/2017).

Menurut Rihel, sebelas orang tersebut mengaku telah menandatangani kontrak kerja dan pengukuran baju. Bahkan, mengaku sudah membayar kepada oknum pegawai  Disdamkarmat Kotim masing-masing perorang ada yang diminta nominalnya dari Rp 1,5 juta, Rp 2,5 juta, Rp 3,5 juta sampai dengan Rp 5 juta.Dengan total keseluruhannya mencapai Rp 40 juta.

“Ini sudah berbentuk penipuan, dan tidak dibenarkan. Seharusnya jika ada perekrutan, tentu tidak ada sistem penyogokan seperti ini,”paparnya.

Menyikapi masalah ini,  Rihel berjanji segera akan mengusut kasus tersebut. Kemudian menindak tegas oknum pegawai yang terbukti melakukan penipuan ini. Lantaran akibat ulahnya ini, telah mencoreng nama Disdamkarmat Kotim.

Baca Juga :  Dua Truk Terlibat Tabrakan, Satu Sopir Tewas Terjepit

“Saya menghimbau kepada masyarakat Kotim agar tidak tergiur oleh calo-calo yang mengatasnamakan intansi dalam perekrutan pegawai, lebih baik menanyakan langsung ke intansinya supaya informasi jelas dan valid,”tandasnya.

Sementara itu salah seorang warga yang ditipu saat dimintai keterangan mengakui, adanya perbuatan oknum tersebut. Menurut dia, ia sebelumnya telah menyerahkan uang sebesar Rp 5 juta kepada oknum pegawai setempat, karena dijanjikan bisa masuk bekerja sebagai pegawai Damkar. “Tapi rupanya saat kami mendatangi kepala dinasnya mencari kebenarannya. Ternyata terungkap kita hanya ditipu,”ujarnya dengan nada kesal.

Pada kesempatan itu ia berharap oknum tersebut bisa diusut, sehingga bisa diproses hukum dan mengembalikan uang mereka. (MR).

Share :

Baca Juga

Kotim

Memangsa Kail Warga, Seekor Anak Buaya Diamankan Ditpolair Polda Kalteng

Kotim

Pengedar Sabu Desa Pelantaran Diringkus Polisi

Kotim

Polsek Ketapang Musnahkan 49 Gram Sabu

Kotim

Tragis, Kebakaran 5 Rumah di Kota Besi Renggut Satu Nyawa

Kotim

Satgas TMMD Yakin Sasaran Fisik Selesai Tepat Waktu

Kotim

Ngerem Mendadak, Pengendara Motor CBR Tewas Terjatuh

Kotim

Nyaris Bobol Sarang Walet, Tiga Remaja Cilik Ditangkap Warga

Kotim

Pergeseran Logistik Melalui Sungai Jadi Tantangan Tersendiri Bagi Satgas TMMD