Home / Katingan

Kamis, 16 November 2017 - 17:45 WIB

Sikapi Pencurian, Masyarakat Diminta Aktifkan Siskamling

KASONGAN, Kaltengekspres.com – Mulai maraknya aksi tindak pidana pencurian belakangan terakhir yang meresahkan warga. Baik itu pencurian walet, dan ternak sapi warga mendapat sorotan keras dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan. Kali ini giliran Ketua DPRD Katingan Ignatius Mantir L Nussa turut angkat bicara menyikapi maraknya aksi pencurian tersebut.
Menurut Mantir Ignatius Mantir marak terjadinya pencurian sarang burung walet dan ternak sapi ini tidak bisa dibiarkan. Polisi harus mengambil langkah, untuk segera menyikapi permasalahan ini. Sehingga oknum pelakunya bisa cepat ditangkap dan masyarakat tidak lagi diresahkan dengan ulah kawanan pelaku ini.

Baca Juga :  Garap Kawasan HP Tanpa Izin, PT KAB Dipidana

“Menyikapi kejadian kita juga mendorong masyarakat untuk mengaktifkan siskamling dan ronda malam di tiap desa dan lingkungannya masing-masing. Terutama di sekitar bangunan sarang burung walet, dan kandang ternaknya yang menjadi incaran pencuri. Karena pelaku ini tergolong berani,”ujar Politisi PDI Perjuangan ini kepada Kalteng Ekspres.com Kamis (16/11/2017).

Mantir mengaku prihatin, karena pelaku pencurian peralatan sarang burung walet yang tertangkap baru-baru ini masih bersrartis siswa setingkat SMA. “Keberaniannya terlalu luar biasa, mudah-mudahan ini bisa diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Namun, harus dilihat juga, kalau memang masih bisa dibina. Pasalnya, mereka masih dibawah umur,” ucapnya.

Dia berharap, hal-hal semacam ini kedepannya bisa dicegah sedini mungkin. Kembali dia mengingatkan, agar masyarakat juga harus proaktif membantu pihak keamanan. Jika terjadi tindak kriminal, segera melapor ke pihak kepolisian tergekat agar bisa langsung ditindaklanjuti.

“Penjagaan tiap kampung dan desa harus dibentuk dan diaktifkan lagi. untuk mengantisifasi hal-hal tidak diinginkan,”ungkapnya. (Ejk)

Share :

Baca Juga

Katingan

Camat Katingan Tengah Terima Bantuan Dari PT. KDP

Katingan

Jual Sabu, Dua Warga Kotim Dibekuk Polisi di Katingan

Katingan

Mayat Pria Terdampar Miliki Tato Lukisan Wanita

Katingan

Dua Pengedar 15 Paket Sabu Dibekuk Polres Katingan

Katingan

Sepekan, Ditemukan Empat Titik Api di Kabupaten Katingan

Katingan

Mobil AWC Polres Katingan Semprot Disinfektan di Ruas Jalan Desa Hampalit

Katingan

Dua Bandar Sabu Jaringan Lalan Diringkus Polisi

Katingan

Dewan Pertanyakan MoU Pembukaan Badan Jalan
error: Content is protected !!