Home / Katingan

Selasa, 14 November 2017 - 17:06 WIB

Panwaslu Katingan Sosialiasi Pengawasan Pemilu

KASONGAN, Kaltengekspres.com – Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kabupaten Katingan menggelar sosialisasi pengawas pemilihan umum (Pemilu), Selasa (14/11/2017) di Aula Hotel Katingan. Sosialisasi ini diikuti oleh beberapa organisasi diantaranya, Karang Taruna Katingan, Hapakat dan perwakilan pemuda serta pelajar.

Ketua Panwaslu Katingan Yosafat Ericktovia Kawung mengatakan, sosialisasi ini dilaksanakan untuk menyampaikan fungsi Panwaslu dalam Pemilu. Karena dalam fungsi tersebut, memiliki kewenangan untuk melakukanpengawasan, pencegahan, penindakan dan memutuskan proses sengketa pelanggaran Pemilu ditingkat kabupaten. 

“Karena kebanyakan dalam Pemilu baik itu Pilkada Bupati dan Wakil Bupati ataupun Presiden dan Wakil presiden, masyarakat terbiasa mengetahui pada saat pemilihannya saja. Terutama berkaitan bagaimana melaksanakan pemilihan sesuai hak pilihnya,”ujarnya Selasa (14/11/2017).

Baca Juga :  Siswa SMK Negeri 1 Mendawai Hilang Saat Memancing
Sementara lanjut dia, kebanyakan masyarakat lupa akan proses demokrasi, karena didalam pemilihan tidak hanya berbicara bagaimana memberikan hak pilih tapi juga pentingnya pengawasan.

“Pengawasan inilah yang kadang diabaikan oleh masyarakat, karna selain menjadi pemilih, masyarakat juga mempunyai kewajiban melakukan pengawasan,”paparnya.

Untuk itu tambah dia, kepada peserta sosialisasi diharapkan bisa memahami akan pentinganya pengawasan pada saat pemilihan.Disamping itu juga menyampaikan kepada masyarakat terkait pentingnya peran pengawasan terhadap pesta demokrasi di Kabupaten Katingan.

“Semua peserta yang ikut tentunya kita berharap supaya turut serta mensosialisasikan apa saja informasi pada pemilihan umum kepada masyarakat, serta semua yang kami sampaikan dalam materi sosialisasi,”ucapnya.

“Kegiatan serupa nantinya akan kita dorong teman-teman panwascam untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat dikecamatan dan desa,”tandasnya. (Ejk)

Share :

Baca Juga

Katingan

KPU Katingan Mulai Sortir Surat Suara

Katingan

Pjs Bupati Dukung Sikap Tegas Polisi Menertibkan PETI

Katingan

Tragis…Warga Katingan Tewas Dikampak

Katingan

Banjir Katingan Kembali Renggut Nyawa Bocah SD

Katingan

Polres Katingan Tetap Siaga Kamtibmas di Hari Libur

Katingan

Legislator : Tiap Rupiah Dana Penanganan Covid-19 Harus Ada Manfaatnya

Katingan

Dewan Pantau Penyaluran BLT Pihak Desa

Katingan

ODP di Katingan Bertambah Menjadi 19 Orang
error: Content is protected !!