Home / Lamandau

Senin, 13 November 2017 - 19:28 WIB

19 Orang Terindikasi ODHA di Lamandau

NANGA BULIK, Kaltengekspres.com – Sejak tahun 2013 hingga November 2017 ini, tercatat ditemukan sebanyak 19 kasus terkait Orang Dengan HIV dan AIDS (ODHA) di Kabupaten Lamandau. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Seksi Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamandau, Laurena Sumen Senin (13/11/2017).
“Berdasarkan data yang kami miliki sejak tahun 2013 silam hingga sekarang ini kurang lebih ada 19 temuan terkait ODHA di Kabupaten Lamandau. Dan selama ini, setiap ada temuan selalu kami dampingi dan rujuk ke RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun,”ujar Lorena.

Selain memfasilitasi lanjut dia, pengobatan para ODHA juga dilakukan pihaknya.Dalam rangka merubah pola pikir masyarakat terhadap ODHA.

“Masyarakat perlu ketahui bahwa HIV tidak serta merta menular karena hidup serumah dengan orang yang terinfeksi HIV, berenang bersama, makan bersama, berjabat tangan, berpelukan, bahkan berciuman serta gigitan nyamuk atau serangka sekalipun tidak akan membuat kita tertular HIV”paparnya.

Ia menambahkan, HIV menular melalui hubungan sek, dan penggunaan jarum suntik secara bergantian, serta ibu hamil pengidap HIV yang menular kepada janinnya. Oleh sebab itu stop diskriminasi, jangan kucilkan mereka yang sudah positif HIV-AIDS.

“Berikan dukungan kepada mereka, sebab dengan mereka istrahat yang cukup, asupan nutrisi terpenuhi, tidak stress, serta mengkonsumsi obat anti retraviral sesuai anjuran dokter maka mereka juga dapat menjalani hidup layaknya masyarakat pada umumnya”tandasnya. (dri)

Share :

Baca Juga

Lamandau

PT MMaL Komitmen Rehabilitasi Makam Adat

Lamandau

Peduli Masyarakat, Karang Taruna Kabupaten Lamandau Salurkan Bantuan Air Bersih ke Warga

Hukum Kriminal

Dugaan Salah Tangkap, Polres Lamandau Akui Telah Lakukan Tindakan Sesuai SOP

Hukum Kriminal

Kapolres Lamandau Beri Penghargaan Personel Berprestasi

Lamandau

Polres Lamandau Siap Amankan Pemilu 2024

Lamandau

PT NAL Serahkan Beasiswa Prestasi di 5 Desa

Lamandau

Jelang Idul Fitri, Pemkab Lamandau Pantau Ketersediaan Bahan Pokok

Lamandau

Pemkab Lamandau Komitmen Optimalkan Layanan Publik